Pembangunan PLTA Batang Toru Diapresiasi AM Hendropriyono

Senin, 08 Maret 2021 - 14:42 WIB
loading...
Pembangunan PLTA Batang Toru Diapresiasi AM Hendropriyono
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumut ditinjau AM Hendroproyono dan rombongan, Minggu (7/3/2021). Foto/Ist
A A A
TAPANULI SELATAN - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ditinjau AM Hendroproyono dan rombongan, Minggu (7/3/2021).



Rombongan meninjau langsung pembangunan terowongan pembantu di Sipirok didampingi pimpinan PT North Sumatera Hydro Energi (N-SHE), Danrem 023/KS Kolonel Febriar Buyung, mantan Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, sdan pimpinan proyek PLTA Batang Toru.


AM Hendropriyono menyatakan bahwa pihaknya merasa puas dengan pembangunan PLTA Batang Toru yang berjalan lancar walaupun sebelumnya banyak hambatan yang dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di tingkat nasional dan NGO skala global.

"Ya akhirnya proyek ini bisa terus berlangsung karena sesungguhnya tidak ada yang dilanggar. PT N-SHE telah memenangkan gugatan mereka dan sudah inkracht van gewisjde," tegasnya.

Selaku pihak pemrakarsa pembangunan PLTA, AM Hendropriyono mengapresiasi kerja keras para pelaksana proyek dan dukungan yang diberikan Pemda Tapanuli Selatan dan otoritas keamanan setempat.

Sementara, Syahrul Pasaribu menambahkan, pembangunan PLTA diyakini malah membantu memelihara lingkungan. Terbukti Kabupaten Tapsel pada akhir masa jabatannya pada tahun 2020 menerima penghargaan Kalpataru.

"Kami menerima penghargaan itu dari Menteri Lingkungan Hidup disaksikan Bapak Presiden," kata Syahrul Pasaribu yang menjabat Bupati Tapsel selama dua periode, tahun 2010-2020.

Diketahui PLTA Batang Toru merupakan pembangkit hydro terbesar di Sumatera dengan kapasitas 4x127.5 MW. Nilai proyek USD1,668 miliar atau sekitar Rp20 triliun di mana ada share 25% dari PLN PJB.

PLTA ini ditargetkan beroperasi pada 2026 mendatang, dan akan memasok kebutuhan listrik di Sumatera dan dapat memperkuat pasokan listrik di Jawa-Bali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4692 seconds (0.1#10.140)