Ini Alasan Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat Wings Air saat Bersiap Terbang

Minggu, 07 Maret 2021 - 20:33 WIB
loading...
Ini Alasan Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat Wings Air saat Bersiap Terbang
Kru pesawat kaget saat seorang penumpang tiba-tiba membuka pintu darurat saat akan lepas landas. Pelakunya pun ditangkap alasannya begini. Foto: Ilustrasi
A A A
DELISERDANG - Otoritas Bandara Wilayah II Kualanamu telah melakukan pemeriksaan terhadap HS (29), penumpang maskapai penerbangan Wings Air (Lion Group) yang membuka pintu darurat pesawat yang ditumpanginya saat akan lepas landas dari Bandara Kualanamu, Delisersang, Sumatera Utara , Minggu (7/3/2021).

Dari hasil pemeriksaan sementara, HS yang merupakan warga Muara Basung, Bengkalis, Riau itu, mengaku membuka pintu darurat pesawat karena ceroboh. HS tidak tahu sama sekali atas tindakannya membuka pintu darurat tersebut.



Hal itu diungkapkan Komandan Petugas Keamanan Penerbangan (Avsec) Bandara Internasional Kualanamu, Mira Ginting.“Pelaku mengaku ceroboh dan tidak tahu sama sekali dari tindakannya membuka pintu emergency pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 dengan nomor penerbangan IW-1248 tujuan Kualanamu-Gunung Sitoli," ungkapnya.

Menurut Mira, tindakan penumpang itu tidak ada niat sama sekali untuk mencelakai atau membahayakan penumpang lain. “Dia (HS) karena ceroboh, bukan ada hal lain," urai Mira.



Saat ini, kata Mira, penumpang tersebut masih menjalani pemeriksaan di Otoritas Bandar Udara Wilayah II Kualanamu. “Untuk selanjutnya, belum diketahui apakah penumpang ini dipulangkan ke tempat asalnya, Provinsi Riau,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, HS yang duduk di kursi nomor 3A pesawat Wings Air dengan registrasi PK-WFO, membuka pintu darurat pesawat yang tengah bersiap terbang dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Binaka Gunungsitoli.



Aksinya itu terpaksa membuat pesawat dengan nomor penerbangan IW-1248 tersebut, kembali ke apron untuk menjalani pemeriksaan. Para penumpangnya yang berjumlah 45 orang dan 4 awak pesawar terpaksa diturunkan dari pesawat. Para penumpang pesawar terdrbut kemudian diterbangkan dengan pesawat lain sekira 55 menit kemudian.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)