BMKG Deteksi 30 Titik Api di Sumut, Termasuk di Lokasi Food Estate

Selasa, 02 Maret 2021 - 12:36 WIB
loading...
BMKG Deteksi 30 Titik Api di Sumut, Termasuk di Lokasi Food Estate
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sebanyak 30 titik api di wilayah Sumatera Utara. (Ist)
A A A
MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sebanyak 30 titik api di wilayah Sumatera Utara. Titik api tersebar di kawasan pantai timur mau pun pantai barat, Sumatera Utara.

Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20) BMKG, 30 titik api itu tersebar di 8 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Mulai dari Asahan, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Padanglawas Utara, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah.

"Terbanyak di Labuhanbatu yakni sebanyak 15 titik. Ada di Kecamatan Pantai Hilir dan Panai Tengah," tulis Prakirawan BMKG Wilayah I Medan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/3/2021).

Salah satu dari titik api yang terdeteksi berada di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan. Kawasan ini merupakan areal food estate yang baru-baru ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. "Ada satu titik api di Kecamatan Pollung," sebutnya. Baca: Ratusan Polisi di Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin COVID-19.

Atas pendeteksian ini, BMKG merekomendasikan kepada seluruh pemerintah daerah yang di kawasannya terdeteksi titik api, untuk melakukan upaya penanganan perluasan kebakaran hutan dan lahan. Baca Juga: Perampok Todongkan Pistol ke Pegawai Bank di Wonosobo, Ratusan Juta Rupiah Melayang.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)