Aksi Copet di Alun-alun Bandung Direkam Warga, Videonya Gemparkan Media Sosial

loading...
Aksi Copet di Alun-alun Bandung Direkam Warga, Videonya Gemparkan Media Sosial
Video aksi pencopet di Alun-alun Bandung, viral di media sosial. Foto/Ist.
BANDUNG - Aksi kawanan copet yang beraksi di sekitar Jalan Asia Afrika, dan Alun-alun Bandung, direkam warga. Tiga pria bertopi itu mengincar korban yang sedang jalan kaki melintas di kawasan itu.

Baca juga: Banjarnegara Gempar, Nenek Tertangkap Nyopet Diarak Warga, Ini Respons Kapolres

Video tersebut pun viral setelah diunggah ke media sosial oleh akun @sekitarbandung.com. Unggahan itu diberi judul, " COPET DI ALUN-ALUN BANDUNG, CIRIAN TAH!!!". Pengelola akun @sekitarbandung.com menulis keterangan cukup panjang terkait peristiwa tersebut.

Detik-detik komplotan copet direkam warga di Alun-Alun Kota Bandung pada Minggu (28/2/2021) siang. Tak tanggung-tanggung setiap wisatawan yang lewat dan tampak lengah langsung disantap mereka. Tampak rekaman dari warganet Bandung yang memperlihatkan aksi mereka dengan modus serupa hingga tiga kali.





"Min tolong ini dipost. Kejadiannya barusan di area alun alun bandung, 3 orang komplotan pencopet ini mangkal dan nungguin orang lewat buat di jadikan korban copet, semoga orang orang yg nonton ini bisa hati hati kalo lewat sini, jadi saya gak sengaja duduk disitu santai dan kuperhatiin mereka udah bebrapa kali nyopet tapi gagal karena korbannya sadar dan mereka gak dapat apa apa, trus akhirnya saya nyoba rekam mereka. Sampai kejadian terakhir mereka udah DAPAT HP DAN SAYA TERIAKI, dan akhirnya HP korban dikembalikan, saya videoin mungkin mereka gak ngeh karena saya pakè headset dikirain denger lagu doang mungkin." ujar pengelola akun @sekitarbandung.com yang sengaja merahasiakan identitas pemilik video.

"Hati-hati wargi, semoga setelah viral ada pergerakan dari pihak terkait," tulis pengelola akun @sekitarbandung.com.

Berdasarkan pengamatan, dalam video tampak tiga pria mengenakan topi, terlihat beraksi mencopet para pejalan kaki. Incaran para pelaku kejahatan tersebut umumnya telepon seluler dan dompet.

Baca juga: XTC dan Moonraker Terlibat Bentrokan Berdarah di Bandung Barat, Ini Sikap XTC Indonesia

Di salah satu frame, tiga pelaku mengerjai seorang korban, pria yang mengenakan kaus oranye. Mereka berbagi peran. Dua pria bertugas mengalihkan perhatian korban . Sedangkan satu pria lain yang mengenakan kaus putih mengambil barang berharga di saku celana atau tas korban.



Biasanya, setelah barang berharga milik korban berhasil diambil, pelaku yang berperan sebagai eksekutor akan memberikannya kepada pelaku yang berperan sebagai pengalih perhatian.

Baca juga: Buron Kasus Upal Dibekuk Satreskrim Polresta Banyuwangi, Upal Asing Rp1,7 T Disita

Dengan cara ini, korban tak memiliki bukti ketika menuduh eksekutor mencuri barang berharga miliknya. Sementara, pria yang menerima barang berharga milik korban, pergi menjauh.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, Polrestabes Bandung dan polsek jajaran tengah menyelidiki kasus pencopten yang videonya viral tersebut. "Kami masih lidik (melakukan penyelidikan)," kata Ulung saat dikonfirmasi wartawna melalui pesan singkat, Senin (1/3/2021).
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top