Promosikan Destinasi Wisata, Jabar dan Cianjur Sinergi Luncurkan Scan Jabar Scan Cianjur

Kamis, 25 Februari 2021 - 23:11 WIB
loading...
Promosikan Destinasi...
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat peluncuran program Scan Jabar Scan Cianjur pada Minggu (21/2/2021).
A A A
CIANJUR - Untuk mendongkrak ekonomi dari sektor pariwisata pascapandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Cianjur meluncurkan program "Scan Jabar Scan Cianjur", dimana dalam kode batang dua dimensi tersebut akan menyajikan destinasi wisata di Kabupaten Cianjur.

Peluncuran program tersebut dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan membuka selubung papan nama, di Rest Area Naringgul, Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Minggu (21/2/2021).

Dilansir dari halaman Humas Jabar, inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Cianjur dalam mempromosikan destinasi wisata lokal, diapresiasi oleh Gubernur Ridwan Kamil. Menurut Ridwan Kamil, pariwisata lokal merupakan salah satu potensi ekonomi baru Jabar pascapandemi Covid-19.

"Saya ikut senang. Arahan saya, promosikan semua potensi pariwisata di Cianjur. Apalagi di sini banyak curug," ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya, yang menggunakan bahasa Sunda.

Ridwan Kamil juga memuji cara Pemkab Cianjur dalam mempromosikan destinasi wisata lokal dengan cara QR kode, yang dinilai akan memudahkan wisatawan untuk mencari destinasi wisata di suatu kawasan pariwisata.

"Selama ini mengandalkan searching di internet, tapi kurang datanya. Saya belum lihat di Indonesia, mudah-mudahan (Scan Jabar Scan Cianjur) yang pertama," ucapnya.

Ia berharap, agar kedepannya Scan Jabar Scan Cianjur bisa dipasang di banyak titik, minimal empat hingga lima barcode di setiap kecamatan.

"Dan saran saya, datanya jangan destinasi saja, tapi pom bensin, masjid, restoran, tipikal kebutuhan turis. Jadi saya lihat (Scan Jabar Scan Cianjur) sudah bagus, hanya saja perlu dilengkapi data fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan, termasuk kantor polisi atau kodim dan nomornya," katanya.

"Inovasi ini bagus sekali, semoga jadi contoh untuk daerah lainnya. Lengkapi data lalu promosikan, Insyaallah akhir tahun ekonomi kita lebih baik karena pariwisata tidak ada habisnya, kecuali dilarang. Titip ke pemotor, patuhi rambu lalu lintas,"ucapnya.

Sementara itu, menurut PLT Bupati Cianjur Herman Suherman, Scan Jabar Scan Cianjur menjadi bagian dalam Sihaci (Sistem Informasi Hayu Ameng ka Ciannur). Program ini bertujuan meningkatkan perekonomia pasca pandemi Covid-19.

"Inovasi (Scan Jabar Scan Cianjur) ini dimotori Pak Pj. Sekda Dodit Ardian Pancapana. Tujuannya memudahkan informasi kepada masyarakat yang ingin melihat wisata di Cianjur," ujar Herman.

"Dampaknya ada Scan Jabar Scan Cianjur, wisata yang ada di pelosok perdesaan giat membenahi diri agar pascapandemi masyarakat bisa menikmati jalan-jalan di Cianjur," katanya.

QR Code Scan Jabar Scan Cianjur dipasang dalam papan penunjuk jalan. Setelah di-scan, pengunjung akan diarahkan ke situs halaman terintegrasi Sihaci.

Saat ini, destinasi wisata yang ditawarkan lewat Scan Jabar Scan Cianjur antara lain Curug Cangkuang, Curug Ceret, Pantai Jayanti, hingga Pantai Sereg. (Tiadavida). CM
(atk)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)