Banyak Aktivitas WFH, Konsumsi Air Bersih Meningkat

Senin, 18 Mei 2020 - 13:54 WIB
loading...
Banyak Aktivitas WFH, Konsumsi Air Bersih Meningkat
Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Sri Hartati. Foto/dok.SINDOnews
A A A
CIMAHI - Banyaknya warga yang lebih sering melakukan aktivitas di rumah ( work from home ) selama pandemi COVID-19 membuat konsumsi air bersih mengalami peningkatan signifikan. Hal itu tak terlepas dari perubahan perilaku masyarakat pada pola hidup sehat dan bersih dengan lebih sering mencuci tangan.

"Sejak COVID-19 banyak masyarakat yang berdiam di rumah. Otomatis berdampak kepada pemakaian air yang menjadi meningkat, termasuk untuk pelanggan di Cimahi dan Bandung Barat," kata Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung Sri Hartati saat dihubungi, Senin (18/5/2020).

(Baca: Masa PSBB, Warga Cipongkor KBB Gelar Balap Liar saat Ngabuburit)

Menurutnya, peningkatan konsumsi air ini terjadi sejak Maret. Kendati tidak menyebutkan jumlah kenaikan konsumsi air, namun dia menegaskan selama COVID-19 ini tak ada kenaikan tarif. Pembayaran tarif sesuai dengan jumlah pemakaian pelanggan.

"Kami tegaskan tidak ada kenaikan tarif bagi pelanggan. Kenaikan tagihan konsumen bukan adanya kenaikan tarif. Namun adanya perubahan prilaku yang menjadikan penggunaan air meningkat," sambungnya.

Tati menambahkan, Perumda Air Minum Tirta Raharja juga telah mengeluarkan surat edaran sebagai upaya pencegahan COVID-19 yang semakin meluas. Pihaknya akan mengikuti aturan pemerintah soal jaga jarak antar manusia (social distancing), yang akan diterapkan terhadap aktivitas baca meter air pada bulan April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

(Baca: Selama 3 Bulan Warga Pangandaran Terdampak COVID-19 Bakal Terima BLT dari Dana Desa)

Di tengah COVID-19, Perumda Air Minum Tirta Raharja tetap berupaya melakukan operasi produksi dan melakukan suplai air untuk didistribusikan kepada para pelanggan. Sehingga masyarakat pelanggan baik di Kota Cimahi , Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, dapat menggunakan air yang aman dan sehat karena telah memenuhi standar kualitas sesuai dengan Permenkes Air Minum.

Inovasi juga terus dilakukan dengan mempermudah layanan pembayaran bagi setiap pelanggan dengan memfasilitasi beberapa cara pembayaran tagihan. Seperti melalui e-commerce, transfer transaksi via ATM dan marketplace lainnya. "Kami berikan kemudahan bagi pelanggan bisa membayar tagihan melalui e-commerce. Insya Allah kami juga terus memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)