Dukung Otsus, Warga Adat Tabi-Seireri Desak Majelis Rakyat Papua Dengar Aspirasi

Sabtu, 20 Februari 2021 - 08:18 WIB
loading...
Dukung Otsus, Warga Adat Tabi-Seireri Desak Majelis Rakyat Papua Dengar Aspirasi
Puluhan warga masyarakat perwakilan wilayah adat Tabi dan Seireri menggelar aksi unjuk rasa mendukung otonomi khusus (Otsus) di Sentani, Jayapura, Papua. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Puluhan warga masyarakat perwakilan wilayah adat Tabi dan Seireri menggelar aksi unjuk rasa mendukung otonomi khusus (Otsus) di depan lobi Hotel Sunni Leke Garden Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.


Alsi demo yang dikoordinatori Ondofolo Doyo Lama Sentani, Baskuliboi ini menuntut kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) yang sedang menggelar pertemuan di hotel ini mau mendengar aspirasi mereka mewakili masyarakat adat Tabi dan Seireri.


Dalam orasinya, Ondofolo Baskuliboi meminta MRP memgakomodir aspirasi mereka dan tidak mendengar sepihak soal keberlangsungan Otsus Papua .

"MRP sebagai lembaga kultural harus mendengar aspirasi semua rakyat, jangan hanya sepihak atau dengar masyarakat tertentu saja. Kami ingin Otsus dilanjutkan," kata Onfofolo yang juga disambut teriakan masa aksi, Jumat (19/2/2021).

Ondofolo juga menekankan pentingnya dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada pelaksanaan Otsus tahap awal. Oknum yang melakukan penyelewengan harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Otsus ini dikorupsi oleh elite-elite politik dan jumlahnya trilyunan. Maka harus diaudit dan tegakkan hukum yang berlaku," tegasnya.

Dia menambahkan, untuk Otsus tahap selanjutnya perlu dilakukan revisi teknis penyalurannya. "Ini dana Otsus triliunan ke Papua dan Papua Barat. Nah kalau nantinya penyaluran masih begini, maka yang akan menikmati ya kelompok tertentu saja. Sementara warga pedalaman kita tidak menerim apa-apa. Oleh karena itu,baiknya dana Otsus dibuat seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan pemerintah pusat," usulnya.

Menurut Ondofolo, dengan menggunakan data BPS, maka dana Otsus bisa disalurkan sekian persen ke masyarakat secara langsung. "Supaya rakyat ini merasa, dan berapa persen lainnya untuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,"ucapnya.

Selain itu, dalam melakukan RDPU dan RDPW MRP jangan mementingkan diri sendiri Otsus ada untuk rakyat. “Kasihan kami orang susah dana Otsus ada di mana? Tolong kami,"tegasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)