Kolesterol Memang Bermanfaat Tapi Ingat Ada Batasnya

Minggu, 14 Februari 2021 - 12:25 WIB
loading...
Kolesterol Memang Bermanfaat Tapi Ingat Ada Batasnya
ilustrasi
A A A
AMBON - Kolesterol diperlukan bagi tubuh untuk proses metabolisme, membangun sel-sel baru, memproduksi vitamin D dan membentuk hormon. Namun, tidak semua kolesterol dapat berguna.

"Kolesterol tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskuler. Ketika mengetahui bahwa kadar kolesterol dalam tubuh terlampau tinggi, kamu perlu waspada dan segera menurunkannya. Salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah mengubah gaya hidup serta pola makan, " ujar dr Denny Jolanda Sp.PD., dokter Siloam Hospitals Ambon dalam webinar, akhir pekan ini.

Apabila kadar kolesterol berlebih, kata dia, akan terjadi penumpukan lapisan lemak disepanjang pembuluh darah.Jika kondisi ini terus berlangsung, kolesterol yang terus terakumulasi akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memperberat kinerja jantung.

Baca juga: Baku Tembak dengan Kelompok Bersenjata, Prajurit TNI Terkena Peluru Rekoset

Denny, dalam pemaparannya mengatakan, selain mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk membuat kolesterol turun lebih cepat, yaitu:

Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Cara ini salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

Lalu, hindari makanan berlemak yang merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe." Pastikan untuk tidak menggoreng makanan-makanan tersebut, ya," katanya.

Baca juga: Ugal-ugalan di Jalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak Rumah Warga di Trowulan

Berolahraga. Jalani aktifitas gerak tubuh dengan melakukan olahraga agar membantu menurunkan kadar kolesterol. Olahraga teratur 4-6 kali/minggu selama 30-60 menit, dan hindari gaya hidup yang tidak aktif secara fisik.

Kemudian berhenti merokok. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terbentuknya plak kolesterol di pembuluh darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)