Diduga Tertular dari Sang Kakek, Dua Balita di Solo Positif Corona

loading...
Diduga Tertular dari Sang Kakek, Dua Balita di Solo Positif Corona
Ilustrasi/Okezone
SOLO - Kasus positif Corona (COVID-19)di Kota Solo bertambah dua orang, Minggu (17/5/2020). Balita berumur satu dan dua tahun, positif Corona diduga tertular dari sang kakek yang terlebih dahulu positif COVID-19.

(Baca juga: Klaster Indogrosir Terus Bertambah, Total Kasus Corona DIY 199 Kasus)

Dua balita yang positif Corona, merupakan bagian dari 8 orang yang sebelumnya dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP). Saat rapid test (tes cepat) menunjukkan reaktif Corona, selanjutnya dirawat di RSUD Bung Karno Solo.

“Keduanya merupakan cucu pasien yang sebelumnya positif COVID-19,” kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19Kota Solo, Ahyani, Minggu (17/5/2020).

Dalam kasus ini, pasien yang dinyatakan positif Corona merupakan salah satu jamaah masjid di Kelurahan Joyontakan, Solo. Sehingga, ratusan warga dua RT di Kelurahan Joyontakan Solo harus dikarantina.



Warga dari 90 kepala keluarga (KK) ini dikarantina selama 14 hari, mulai Sabtu (16/5/2020) kemarin. Mengingat kedua balita ini sebelumnya dititipkan ke tempat lain, maka rantai tracking yang harus dilakukan semakin panjang.

Pemkot Solo saat ini masih menunggu hasil swab enam PDP lainnya yang memiliki kontak erat. Perkembangan terbaru, dua orang lagi dinyatakan reaktif saat rapid test. Semula tujuh orang berkontak erat dinyatakan reaktif saat rapid test, lalu bertambah satu orang. Dan sekarang bertambah dua orang lagi. Sehingga totalnya 10 orang dan dua di antaranya positif COVID-19.

Pemkot Solo akan memperluas penelusuran ke Kabupaten Sukoharjo. Sebab orangtua dari anak balita yang positif sering beraktivitas di Solo dan Sukoharjo. Total warga Solo yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 29 orang. Dari jumlah itu, 17 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Delapan orang lainnya masih menjalani perawatan dan empat sisanya meninggal dunia.
(zil)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top