560 Tahun Tak Gempa, Waspada Sesar Lembang di Batas Siklus Akhir

Kamis, 04 Februari 2021 - 16:13 WIB
loading...
560 Tahun Tak Gempa, Waspada Sesar Lembang di Batas Siklus Akhir
560 Tahun Tak Gempa, Waspada Sesar Lembang di Batas Siklus Akhir. Foto/Arif budianto
A A A
BANDUNG - Sesar Lembang diprediksi berada pada fase batas akhir siklus terjadinya gempa bumi. Sesar sepanjang 29 kilometer dari Bandung Barat hingga Jatinangor ini diprediksi telah tidur selama 560 tahun.

Peneliti Geoteknologi LIPI Mudrik R Daryono mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukannya, pihaknya mencatat Sesar Lembang pernah aktif atau gempa besar pada tahun 1.450 masehi.

Prediksi ini didasarkan pada uji paritan di Lembang. Angka ini juga menepis bahwa Sesar Lembang pernah gempa besar pada tahun 1.600 Masehi.

"Dari uji paritan, kami mendapatkan bukti bahwa sesar Lembang pernah melepaskan energiinya pada tahun 1.450 an," kata Mudrik pada Ngobrol Santuy Online Sesar Lembang, Kamis (4/2/2021).

Berdasarkan hitungan itu, pihaknya menemukan bahwa Sesar Lembang memilki siklus gempa antara 170 hingga 670 tahun. Bila ditarik pada tahun ini, maka Sesar Lembang belum melepaskan energinya selama 560 tahun.

"Artinya, sesar Lembang diperkirakan berada di siklus akhir gempa bumi atau berada di fase gempa bumi. Kapan kejadiannya, tidak ada yang tahu, bisa besok atau 100 tahun lagi," jelas dia.

Dari penelitian itu juga, kata dia, LIPI memprediksi bila Sesar Lembang melepaskan energinya, diperkirakan bisa menghasilkan gempa bumi dengan magnitudo antara 6,5 sampai 7 SR.

Baca juga: Astaga, Yamin Digugat Rp60 Juta Gara-Gara Burung Tetangga Mati Kena Asap Sampah

Lebih lanjut dia menjelaskan, gempa memiliki fase, ketika sesar pernah gempa, maka dia akan terjadi lagi. Selama tidak ada gempa, artinya sesar sedang mengumpulkan energi. Kapan, semua tergantung dari kecepatan dia bergeser.

Sementara itu, menurut pemerhati sesar yang juga penasehat Bandung Mitigasi Hub Heri Andreas, pembahasan Sesar Lembang hingga saat ini belum ada kepastian. Karena, ada beberapa mahzab (pandangan) atas sesar yang dihadang gadang bisa meluluhlantakkan Bandung.

Baca juga: Ancaman Sesar Lembang di Depan Mata, Pemerintah Hanya Memiliki Satu Alat Deformasi

"Sesar Lembang dibentuk dari Gunung Sunda dan sudah meletus. Jadi sesar Lembang sudah selesai. Ada juga yang menyebut pernah gempa pada tahun 1.600. Tapi dicatatan tidak Ada bencana heboh pada tahun itu. Karena VOC sudah Ada. Bupati Bandung juga sudah ada," kata dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7064 seconds (0.1#10.140)