Sudah Sepekan Banjir Rob Terjang Pesisir Utara Demak, Ekonomi Warga Tersendat

Kamis, 04 Februari 2021 - 10:22 WIB
loading...
Sudah Sepekan Banjir Rob Terjang Pesisir Utara Demak, Ekonomi Warga Tersendat
Jalan utama di kawasan pesisir Kabupaten Demak, Jawa Tengah, tergenang banjir rob. Foto/iNews TV/Sukmawijaya
A A A
DEMAK - Gelombang tinggi di wilayah Pantai Utara Jawa, membuat jalan utara di pesisir utara Kabupaten Demak, Jawa Tengah, terendam banjir rob . Genangan itu terjadi sudah hampir sepekan ini, akibatnya ekonomi warga turut tersendat.



Salah satu titik yang tergenang banjir rob , adalah jalan utama menuju kawasan pesisir pantai di Kecamatan Bonang. Jalan raya Demak-Bonang ini merupakan akses utama perekonomian di bidang perikanan.



Warga setempat, Idra mengungkapkan, genangan air bisa mencapau 70-100 cm. Hampir seluruh badan jalan tergenang. "Kendaraan pengangkut ikan sulit untuk masuk kawasan ini, karena tingginya genangan air ," tuturnya.



Tingginya curah hujan dari kawasan hulu sungai, menurutnya menjadi penyebab meluapnya air di kawasan pesisir. Kondisi ini diperparah dengan adanya gelombang tinggi, sehingga air tidak bisa mengalir ke laut.

Perangkat Desa Purworejo, Ali Hafidz menyebutkan, gelombang laut kali ini lebih tinggi bila dibandingkan tahun lalu. "Akses jalan utama sudah dibangun pemerintah, yang menjadi akses dari pusat kota ke kawasan pesisir. Namun ada beberapa ruas jalan yang belum ditinggikan, sehingga digenangi air saat terjadi banjir rob ," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)