Erupsi Merapi, Fasilitas BBM-LPG Siaga Penuh

Kamis, 28 Januari 2021 - 13:51 WIB
loading...
Erupsi Merapi, Fasilitas BBM-LPG Siaga Penuh
Erupsi Merapi, fasilitas BBM-LPG siaga penuh. Foto SINDOnews
A A A
SEMARANG - Erupsi Gunung Merapi yang diikuti hujan abu mengakibatkan sejumlah warga mengungsi ke tempat aman. Pasokan logistik dan masker menjadi kebutuhan penting bagi warga yang tinggal di pengungsian.

Termasuk menyiagakan seluruh fasilitas BBM dan LPG di radius potensi terkena dampak erupsi Gunung Merapi. Di antaranya adalah Terminal BBM yaitu di Rewulu DI Yogyakarta dan Boyolali Jawa Tengah. Selain itu, juga terdapat 19 SPBU, 1 Pertashop, dan 1 SPPBE di sekitar wilayah Gunung Merapi.

“Sebagai antisipasi, kami telah menyiapkan stok dan penyaluran dari Terminal BBM Semarang Group dan Maos di Jawa Tengah hingga Terminal BBM di Madiun, Jawa Timur untuk mendukung kelancaran pasokan di sekitar Gunung Merapi jika seandainya terjadi keadaan darurat,” ujar Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Arya Yusa Dwicandra, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, saat ini penyaluran BBM dan LPG di wilayah Jawa Bagian Tengah sebanyak 11.073 kiloliter (KL) untuk BBM jenis gasoline, 4.958 KL BBM jenis gasoil, dan 4.255 metric ton (MT) LPG. “Keadaan stok BBM dan LPG saat ini sangat mencukupi dan kami terus memonitor perkembangan terkini situasi gunung merapi serta pemenuhan kebutuhan BBM dan LPG masyarakat,” tutur dia.

“Meskipun kemarin terjadi erupsi yang cukup besar, namun jarak rata-rata seluruh fasilitas tersebut lebih dari 10 kilometer dari Gunung Merapi, sehingga saat ini masih beroperasi normal dan tidak ada kendala. Selain itu, konsumen tidak perlu khawatir mengenai pasokan BBM dan LPG karena Pertamina bersama seluruh stakeholders di wilayah potensi terdampak telah berkoordinasi dan memastikan kelancaran pasokan BBM serta LPG,” ungkapnya.

Pihaknya akan terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi serta berkoordinasi dengan seluruh stakeholders di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. “Kami akan memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG kepada masyarakat,” pungkas Arya.

Pertamina di wilayah Jawa Bagian Tengah juga memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG di tiga daerah Jawa Tengah yang berpotensi terdampak erupsi Gunung Merapi yaitu Kabupaten Boyolali, Magelang, dan Klaten serta satu daerah di DI Yogyakarta yaitu Kabupaten Sleman.

Masing-masing wilayah saat ini penyalurannya adalah sebagai berikut:


1. Kabupaten Boyolali

a. Gasoline 260 KL per hari
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3169 seconds (0.1#10.140)