Perkumpulan Batak Jawa Timur Kirim Sembako untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar

Minggu, 24 Januari 2021 - 14:55 WIB
loading...
Perkumpulan Batak Jawa Timur Kirim Sembako untuk Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar
Perkumpulan Saudara Rantau Sumatera Utara (PSRS) mengirim bantuan sembako untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat.
A A A
SURABAYA - Bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) menarik banyak pihak untuk memberikan bantuan kepada para korbannya. Termasuk Perkumpulan Saudara Rantau Sumatera Utara (PSRS) yang ada di Surabaya dan daerah lainnya di Jawa Timur (Jatim)

Mereka menggalang donasi bantuan yang kemudian diberikan dalam bentuk sembako. Yakni beras, mie instan dan ikan olahan dalam kaleng. Penyerahan bantuan dilakukan tim dari PSRS di markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya.

Baca juga: Galang Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana, Bonek Bersitegang dengan Satpol PP

Bantuan diterima langsung oleh Asisten Potensi Maritim Lantamal V, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P MTr Hanla MM. Hadir dalam penyerahan donasi bantuan tersebut, beberapa pengurus PSRS, diantaranya Kolonel Charles Sinaga, Kolonel Luxemburg Sihombing, Tjin Lie, Nagang Sembiring dan Budianto Ciawi.

Ketua Umum PSRS Eddy Widjanarko menjelaskan, PSRS merupakan kumpulan perantau yang anggotanya bukan dari Sumatera Utara saja, tapi juga dari Aceh, Kepulauan Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. "Kegiatan bakti sosial ini tujuannya murni kemanusiaan. Untuk membantu saudara saudara kita korban gempa dan banjir yang sedang kesusahan," kata Eddy, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Air Mata Perwira TNI AU Ini Menitik Iringi Pemakaman Istri dan Anak Korban Sriwijaya Air

Terkait kegiatan sosial PSRS ini, Eddy menambahkan, bila kegiatan selalu dilakukan setiap tahun. Sebelumnya PSRS mengirim bantuan sembako, baju dan keperluan lain untuk pengungsi meletusnya Gunung Sinabung. Kemudian bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami Sulawesi di tahun 2018. "Dan tahun 2020 lalu adakan kegiatan bersama berupa donor darah," tambah Eddy.

Pengurus PSRS Kolonel Charles Sinaga, menambahkan, PSRS setiap tahun lakukan kegiatan Bhakti sosial sebagai rasa peduli dan tanggung jawab kemanusiaan yang diharapkan langkah ini dapat diikuti masyarakat Jatim. "Bersama sama membantu bencana yang terjadi dengan kemampuan yang ada," ujar Charles.

Asisten Potensi Maritim Lantamal V, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga mengatakan, bantuan dari PSRS ini akan dikirimkan dengan KRI Banda Aceh (BAC) 593 yg akan tiba di Surabaya hari Senin (25/1/2021). Rute dari KRI BAC 594 ini sudah dalam perjalanan dari Jakarta, kemudian mampir ke Surabaya. "Selanjutnya langsung ke Banjarmasin untuk menyerahkan bantuan ke korban banjir Kalsel dan lanjut ke Mamuju untuk menyalurkan bantuan korban gempa," ungkap Dwi Yoga.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)