Gempa Susulan M4.7 Guncang Wilayah Sulawesi Utara, Komunikasi Masih Terputus

Kamis, 21 Januari 2021 - 22:52 WIB
loading...
Gempa Susulan M4.7 Guncang Wilayah Sulawesi Utara, Komunikasi Masih Terputus
Terjadi gempa susulan di Sulawesi Utara, bermagnitudo 4,7. Foto/Okezone/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Gempa susulan tersebut bermagnitudo 4,7 terjadi sekitar pukul 22.40 WITA, Kamis (21/1/2021).



Pusat gempa berada di koordinat 4.92 Lintang Utara (LU), 127.29 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 km Timur Laut Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada kedalaman 137 Km.

"Yang teranalisa dari kami, baru satu kali gempa susulan ," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H. Mengko, Kamis (21/1/2021).



Sebelumnya, Kepulauan Talaud diguncang gempa M 7,1 sekitar pukul 20.23 WITA. Sampai dengan saat ini, belum ada informasi adanya korban jiwa akibat gempa tersebut. Laporan yang masuk baru terjadinya kerusakan beberapa petak lantai dan dinding retak ringan di kamar bersalin RSUD Mala, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selain itu juga kerusakan dialami oleh Keluarga Desinung-Naulana di Desa Bantik, Kecamatan Beo dimana dinding belakang rumahnya roboh. Begitu juha dengan Keluarga Magenda-Pontoh di Desa Mala, Kecamatan Melonguane, dimana dapurnya roboh akibat gempa tersebut.



Kerusakan ringan juga dialami oleh Keluarga Rade-Arendeng dan Keluarga Mulaki-Maasawet di Desa Rae, Kecamatan Beo Utara, serta Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane yang mengalami keretakan dinding.

Kabag Pemerintahan Pemkab Talaud, Sepno Lanta mengatakan, saat ini lampu di Kabupaten Kepulauan Talaud , sudah menyala setelah sebelumnya mati. Namun komunikasi di Pulau Miangas masih terputus. "Belum terkoneksi, karena belum ada jaringan, jadi belum dapat informasi sampai saat ini," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2841 seconds (0.1#10.140)