Gempa Dahsyat 7,1 Skala Richter Guncang Sulut, Warga Diminta Waspada Gempa Susulan

Kamis, 21 Januari 2021 - 20:45 WIB
loading...
Gempa Dahsyat 7,1 Skala Richter Guncang Sulut, Warga Diminta Waspada Gempa Susulan
Gempa dahsyat berkekuatan 7,1 Skala Richter yang berpusat di Melonguane, Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 19.23.07 WIB dilaporkan merusak sejumlah bangunan di Talaud diantaranya gedung RSUD Talaud. Foto Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MANADO - Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,1 Skala Richter yang berpusat di Melonguane, Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 19.23.07 WIB dilaporkan merusak sejumlah bangunan di Talaud diantaranya gedung RSUD Talaud. Selain itu gempa bumi yang berpusat pada koordinat 4,94 Lintang Utara dan 127,44 Bujur Timur membuat sejumlah warga Manado dan Talaud panik karena kerasnya guncangan gempa.



Kasi data dan Informasi BMKG Sulut Edward H Mengko, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock), namun kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujar Mengko.



Gempa tersebut, kata dia, dirasakan juga di Melonguane, Tahuna, Ondong dengan skala IV MMI, Manado, Bitung, skala III MMI, Bolaang Uki, II MMI, Gorontalo II-III, Halmahera Utara II-III MMI, dan Galela II-III MMI.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)