RSHS Bandung Tambah Ratusan Ruang ICU dan Isolasi COVID-19

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:07 WIB
loading...
RSHS Bandung Tambah Ratusan Ruang ICU dan Isolasi COVID-19
Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung M Kamaruzzaman. Foto/Arif
A A A
BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung melakukan penambahan ruang intensive care unit (ICU) dan ruang perawatan isolasi COVID-19, mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien COVID dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung M Kamaruzzaman mengakui, pihaknya telah melakukan penambahan kapasitas ruang tempat tidur isolasi dan ICU sejak Kamis 14 Januari 2021 lalu. Penambahan tesebut memanfaatkan gedung yang tersedia di RSHS.

"Ya, kami telah melakukan penambahan kapasitas ruangan icu dan isolasi. Untuk ICU bertambah 28 ruangan dari sebelumnya 12. Jadi sekarang menjadi 40 ruangan ICU," jelas dia, Selasa (19/1/2021).

Tak hanya ruang ICU, RSHS juga melakukan penambahan ruang perawatan isolasi COVID-19 dari 144 menjadi 238 tempat tidur. Artinya, ada penambahan sebanyak 94 ruangan.

Atas penambahan tersebut, kata dia, RSHS bisa maksimal melakukan pelayanan kepada pasien COVID-19. "Terkait kapasitas, angka keterisian ICU 84,5%. Sedangkan ruang isolasi 41,66%," katanya.

Baca juga: Waspada, Bencana Longsor Ancam Provinsi Jabar hingga Mei 2021

Kamaruzzaman mengakui, peningkatan kapasitas ini untuk mengantisipasi terjadinya penambahan pasien covid ke RSHS. Sebagaimana diketahui, angka kasus covid secara nasional dan provinsi terus naik.

Baca juga: Jenazah Anaknya Tiba, Ibu dari Pramugari NAM Air Tak Kuasa Menahan Air Mata

"Sehinga pasien yang datang bisa dilayani dengan baik. Kami juga telah menyiapkan sarana dan prasana untuk menunjang kesembuhan pasien," imbuh dia.
(boy)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1612 seconds (10.55#12.26)