Forum Bisnis WNI di Jepang Bentuk Jaringan 47 Perfektur

Senin, 18 Januari 2021 - 12:37 WIB
loading...
Forum Bisnis WNI di Jepang Bentuk Jaringan 47 Perfektur
Tiga pimpinan Forum Bisnis Baru Bersama (BBB) bertemu dengan Dubes Indonesia Heri Akhmadi (batik) dan Wakilnya Tri Purnajaya (kanan). Foto/Ist
A A A
BOGOR - Forum Bisnis Baru Bersama (BBB) bagi WNI yang ada di Jepang , mendapat dukungan kuat dari Duta Besar (Dubes) Indonesia di Jepang Heri Akhmadi beserta Wakil Dubes Tri Purnajaya.

Forum BBB yang berdiri pada 15 Desember 2020 lalu diwakili pimpinannya antara lain Mahmudi dan Murni, pada Rabu (13/1/2021) melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Kedutaan Besar RI di Jepang bertemu dengan Dubes Heri Akhmadi dan Wakil Dubes Tri Purnajaya. (Baca juga: Jepang Nyatakan Siap Bantu Korban Gempa Majene dan Mamuju )

"Kami menyambut baik pembentukan Forum BBB. Ini memang yang sangat kami nantikan, bisa membantu meningkatkan jiwa wiraswasta WNI yang ada di Jepang, sehingga menjadi lebih mapan lagi dalam kehidupannya di Jepang di masa mendatang," kata Dubes Heri Akhmadi seperti dikutip dari rilis Forum BBB yang diterima SINDOnews, Senin (18/1/2021).

Dubes Heri juga menyampaikan bahwa di bidang finansial, Direktur Utama Bank BNI juga sudah siap untuk membantu serta mendukung sepenuhnya para WNI yang ada di Jepang. Terutama para pemagang Indonesia yang bekerja di Jepang dalam kariernya masing-masing. Sehingga nantinya dapat mandiri maju dan kembali ke Indonesia dengan keberhasilan membawa ilmu pengetahuan serta modal dari kerjanya di Jepang. (Baca juga: Kemlu Laporkan Total 2.816 WNI Positif COVID-19 di Luar Negeri )

Masyarakat Indonesia yang ada di Jepang saat ini sekitar 66.000 orang. Sekitar 36.000 orang di antaranya adalah para pemagang Indonesia. Sedangkan pelajar Indonesia sekitar 7.000 orang.

"KBRI juga sedang menyiapkan pelajaran bahasa Jepang online untuk membantu para WNI yang ada di Jepang. Sehingga kemampuan berbahasa Jepang mereka lebih baik lagi," kata Dubes Heri.

Di bidang ketenagakerjaan, Dubes Heri mengharapkan Forum BBB dapat ikut serta membantu suksesnya para pemagang Indonesia. Terutama di bidang penguasaan bahasa Jepang.

"Kita butuh sertifikat N-4 bagi para pemagang, sehingga bisa mengalihkan status mereka ke Tokutei Ginou beserta kontrak dengan perusahaan Jepang yang ada di Jepang. Hal-hal tersebut mungkin bisa dipelajari lebih lanjut, sehingga Forum BBB dapat ikut serta memperlancar masuknya para pemagang serta pengalihan jisshusei Indonesia ke program Tokutei Ginou di masa mendatang," urai dia.

Menurut Dubes Heri, KBRI akan melakukan pendidikan jarak jauh menggunakan Online untuk Sekolah Republik Indonesia di Tokyo (SRIT). Sehingga WNI yang berdomisili jauh pun bisa belajar melalui online nantinya.

"Kami akan coba pendidikan online jarak jauh itu bulan Juni 2021, InsyaAllah," ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)