Pakar Politik Sebut Amran Sulaiman Penerus JK dari Indonesia Timur

loading...
Pakar Politik Sebut Amran Sulaiman Penerus JK dari Indonesia Timur
Suasana diskusi blended daring-luring dengan tema Memotret Indonesia dari Timur" di Kota Makassar, Senin (18/1/2021).Amran Sulaiman adalah aset Sulawesi Selatan di kancah nasional. Foto: SINDONews/Muhaimin
MAKASSAR - Mantan Menteri Pertanian RI Periode 2014-2019, Andi Amran Sulaiman didaulat sebagai tokoh yang paling tepat merepresentasikan kawasan Indonesia Timur di kancah perpolitikan nasional ke depan.

Aspirasi ini mencuat dalam diskusi blended daring-luring yang digelar Komunitas Wartawan Politik Sulawesi Selatan dengan tema “Memotret Indonesia dari Timur” di Warkop 115, Toddopuli, Kota Makassar, Senin (18/1/2021).“Amran Sulaiman adalah aset Sulawesi Selatan di kancah nasional.

Baca juga: Pilpres 2024 Momen Lahirkan Banyak Calon, Tokoh Disarankan Mulai Dekati Parpol

Amran kurang tepat dianggap sebagai pengganti, tapi lebih tepat dikatakan sebagai penerus Pak JK ( Jusuf Kalla, sebagai wapres )” kata pakar politik dari Universitas Hasanuddin, Dr Adi Suryadi Culla melalui virtual. Pernyataan Adi disambut lima pakar lainnya. Menurut mereka, Amran Sulaiman layak didorong maju mewakili Indonesia Timur pada Pemilihan Presiden RI 2024 mendatang.

“Matahari itu terbit dari timur. Tidak ada sejarah matahari terbit dari barat. Tugas kita sebagai orang timur adalah mengembalikan fitrah orng timur menjadi figur pemimpin yang diterima bangsa Indonesia,” kata pakar politik dari Universitas Bosowa Makassar, Dr Arief Wicaksono.

Baca juga: Pilpres 2024, Duet Anies-AHY Bisa Mengimbangi Ganjar-Sandi



Sosiolog dari Universitas Hasanuddin, Dr Sawedi Muhammad juga sependapat. Menurutnya, kawasan timur memiliki SDA yang melimpah dan SDM tidak kalah dengan tokoh-tokoh dari kawasan barat. Namun kekayaan alam itu tidak sejalan dengan pembangunan yang dinilainya timpang antara barat dan timur.

“Ketimpangan kawasan tidak bisa diharap akan hilang kalau bukan dari wilayah yang tertimpang itu yang memimpin. Putra-putra dari timur memiliki kemampuan differential advantage yang belum tentu dimiliki tokoh-tokoh dari kawasan barat. Jangankan wakil presiden, calon presiden pun bisa!” tegasnya.

Baca juga: PDIP Sukses Antar Ganjar-Puan-Risma Masuk Bursa Capres 2024, Partai Lain Gagal Lakukan Kaderisasi?



Pakar administrasi publik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr Abdi menyebutkan, nilai filosofi kepemimpinan Bugis-Makassar yakni getteng (komitmen), malempu (jujur), dan macca (cerdas) ada pada sosok Amran Sulaiman.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top