Pakar Politik Sebut Amran Sulaiman Penerus JK dari Indonesia Timur

Senin, 18 Januari 2021 - 23:13 WIB
loading...
Pakar Politik Sebut Amran Sulaiman Penerus JK dari Indonesia Timur
Suasana diskusi blended daring-luring dengan tema Memotret Indonesia dari Timur di Kota Makassar, Senin (18/1/2021).Amran Sulaiman adalah aset Sulawesi Selatan di kancah nasional. Foto: SINDONews/Muhaimin
A A A
MAKASSAR - Mantan Menteri Pertanian RI Periode 2014-2019, Andi Amran Sulaiman didaulat sebagai tokoh yang paling tepat merepresentasikan kawasan Indonesia Timur di kancah perpolitikan nasional ke depan.

Aspirasi ini mencuat dalam diskusi blended daring-luring yang digelar Komunitas Wartawan Politik Sulawesi Selatan dengan tema “Memotret Indonesia dari Timur” di Warkop 115, Toddopuli, Kota Makassar, Senin (18/1/2021).“Amran Sulaiman adalah aset Sulawesi Selatan di kancah nasional.



Amran kurang tepat dianggap sebagai pengganti, tapi lebih tepat dikatakan sebagai penerus Pak JK ( Jusuf Kalla, sebagai wapres )” kata pakar politik dari Universitas Hasanuddin, Dr Adi Suryadi Culla melalui virtual. Pernyataan Adi disambut lima pakar lainnya. Menurut mereka, Amran Sulaiman layak didorong maju mewakili Indonesia Timur pada Pemilihan Presiden RI 2024 mendatang.

“Matahari itu terbit dari timur. Tidak ada sejarah matahari terbit dari barat. Tugas kita sebagai orang timur adalah mengembalikan fitrah orng timur menjadi figur pemimpin yang diterima bangsa Indonesia,” kata pakar politik dari Universitas Bosowa Makassar, Dr Arief Wicaksono.



Sosiolog dari Universitas Hasanuddin, Dr Sawedi Muhammad juga sependapat. Menurutnya, kawasan timur memiliki SDA yang melimpah dan SDM tidak kalah dengan tokoh-tokoh dari kawasan barat. Namun kekayaan alam itu tidak sejalan dengan pembangunan yang dinilainya timpang antara barat dan timur.

“Ketimpangan kawasan tidak bisa diharap akan hilang kalau bukan dari wilayah yang tertimpang itu yang memimpin. Putra-putra dari timur memiliki kemampuan differential advantage yang belum tentu dimiliki tokoh-tokoh dari kawasan barat. Jangankan wakil presiden, calon presiden pun bisa!” tegasnya.



Pakar administrasi publik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr Abdi menyebutkan, nilai filosofi kepemimpinan Bugis-Makassar yakni getteng (komitmen), malempu (jujur), dan macca (cerdas) ada pada sosok Amran Sulaiman.

“Orang Bugis bilang taro ada, taro gau (satu kata dengan perbuatan). Sehingga saya yakin ke depan akan muncul mutiara dari timur. Salah satu mutiara itu adalah Andi Amran Sulaiman,” jelasnya penuh keyakinan.



Serupa, Dr Alam Tauhid Syukur yang merupakan pakar kebijakan publik dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara LAN Makassar meyakini, SDM dari kawasan timur Indonesia tidak pernah kalah dari kawasan barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2759 seconds (0.1#10.140)