Antisipasi Bencana, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem dan Tanah Longsor

Minggu, 17 Januari 2021 - 16:15 WIB
loading...
Antisipasi Bencana, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem dan Tanah Longsor
Antisipasi Bencana, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrim dan Tanah Longsor. Foto/Sub
A A A
MANADO - Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Kolonel Inf R.Y. Raja Sulung Purba mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca yang saat ini sedang melanda wilayah Kota Manado .

"Terutama (waspada) dalam mewaspadai tentang tanah longsor, pohon tumbang dan Banjir akibat derasnya intensitas curahan air hujan," tutur Dandim usai memantau proses pencarian hari ke dua korban tanah longsor, di Jalan Sea, Kelurahan Malalayang Satu Barat Lingkungan 2, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (17/1/2021).

Dia turun langsung memantau pencarian bersama dengan tim gabungan dari Basarnas Manado, Polresta, BPBD Manado dan Pemkot Manado.

Pencarian hari kedua itu dilakukan dengan menggunakan dua unit alat berat dan juga melibatkan anjing pelacak K9 Polda Sulut untuk melakukan pencarian titik posisi korban yang tertimbun.

Akhirnya lewat upaya keras yang dilakukan sejak kemarin hingga hari ini, korban atas nama San Hasan berhasil ditemukan sekira pukul 09.15 Wita dalam kondisi meninggal dan langsung segera di evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, 2 Pohon Tumbang di Minahasa Utara Timpa Kendaraan Dinas

Diketahui, bencana tanah longsor yang terjadi di jalan Sea tersebut menimpa dua rumah dan tiga orang tertimbun tanah longsor.

Ada dua orang yang berhasil di evakuasi kemarin sore yakni Kevin (40) dalam kondisi selamat dan sudah dilarikan ke Rumah Sakit, sedangkan Meyni Pondaag (53) ditemukan dalam kondisi meninggal.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Masyarakat MInahasa Selatan Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Sedangkan korban San Hasan baru dilakukan pencarian kembali hari ini setelah upaya pencarian kemarin dihentikan sementara akibat hujan deras yang masih terus turun sehingga mempersulit tim SAR untuk melakukan pencarian di reruntuhan bangunan yang terkena tanah longsor.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)