Gempa Majene 6,2 SR Ribuan Warga Mengungsi ke Tempat Lebih Tinggi

Jum'at, 15 Januari 2021 - 06:52 WIB
loading...
Gempa Majene 6,2 SR Ribuan Warga Mengungsi ke Tempat Lebih Tinggi
Akibat gempa 6,2 Skala Richter yang mengguncang Majene, Sulbar warga yang tengah lelap tidur panik dan berhamburan keluar rumah. Nampak warga yang menyelamatkan diri/iNews TV/Ali M
A A A
MAJENE - Gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter yang mengguncang Majene, Sulbar membuat warga yang tengah lelap tidur panik dan berhamburan keluar rumah.
Gempa Majene 6,2 SR Ribuan Warga Mengungsi ke Tempat Lebih Tinggi

Akibatnya gempa yang berpusat pada 2.98 Lintang Selatan dan 118.94 Bujur Timur di wilayah timur laut Kabupaten Majene ini membuat ribuan warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Nampak warga berbondong-bondong membawa pakaian seadanya berhamburan di jalan-jalan baik berjalan kaki, naik motor maupun mobil. Mereka memenuhi jalan jalan di Kota Majene karena memilih meninggalkan rumah karena takut ada gempa susulan.

"Ya pak kita semua ini pilih mengungsi dulu karena takut gempa susulan apalagi tadi ada info tsunami, " kata Iman warga Labuang, Majene.

Namun berdasarkan informasi BMKG gempa berkekuatan 6,2 Skala Richet tersebut tidak berpotensi tsunami.



Sebelumnya gempa bumi berkekuatan 6.2 Skala Richter yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat Jumat (15/1/2021) pada pukul 01.28 WIB membuat Rumah Sakit Mitra Manakarra, Kantor Gubernur Sulbar, hotel dan rumah warga rata dengan tanah.

Akibatnya gempa yang berpusat pada 2.98 Lintang Selatan dan 118.94 Bujur Timur di wilayah timur laut Kabupaten Majene membuat sejumlah perawat dan pasein di Mitra Manakarra tersebut tertimbun.

Hingga saat ini aparat gabungan masih berusaha mengevakuasi para korban dari reruntuhan bangunan



Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa 6,2 Skala Richter ini memicu kekuatan guncangan IV - V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)