OTG Jadi Mayoritas Pasien Positif Corona di Jawa Barat

Kamis, 14 Mei 2020 - 17:24 WIB
loading...
OTG Jadi Mayoritas Pasien Positif Corona di Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Dok.Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pasien terkonfirmasi positif Corona ( COVID-19) di Jawa Barat rata-rata merupakan orang tanpa gejala ( OTG ). Mereka tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyebutkan, dari total 1.200 pasien konfirmasi positif saat ini, sekitar 70 persen merupakan OTG dan 30 persen sisanya menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dari perpektif beban RS ini berita gembira, tapi dari sisi kewaspadaan banyak orang positif OTG ," ujar Kang Emil , Kamis (14/5/2020).

(Baca: Gubernur Jabar Tuntut Penjelasan Komprehensif soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan)

Oleh karenanya, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan, khususnya terhadap OTG dengan melakukan pengetesan COVID-19 secara masif di pintu-pintu kedatangan, seperti bandara, terminal, hingga stasiun.

"Di bandara, terminal, stasiun menemukan 1-3 persen yang disampling positif COVID-19 . Ini mengindikasikan orang yang datang itu OTG . Itulah kenapa mudik dilarang karena akan mempengaruhi penanganan dari sisi kesehatan," jelasnya.

(Baca: Konselor Lapas Banceuy Sembunyikan Obat Terlarang dalam Sepatu)

Kang Emil pun kembali mengatakan rencana pelonggaran kebijakan pembatasan sosial setelah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Provinsi Jabar berakhir pada 20 Mei mendatang.

"Akan dikaji dan diputuskan daerah mana saja di Jabar yang sudah bisa menggelar ibadah berjamaah, sekolah, kegiatan perekonomian, transportasi, dan kegiatan lainnya walau masih dalam sejumlah batasan," ujarnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)