Bangun Pos Dekat Bekas Markas FPI, Polisi: Untuk Bantu Turunkan Covid-19

Sabtu, 02 Januari 2021 - 00:05 WIB
loading...
Bangun Pos Dekat Bekas Markas FPI, Polisi: Untuk Bantu Turunkan Covid-19
Posko Tiga Pilar yang sedang dibangun merupakan bagian dari program Kampung Tangguh untuk membantu menurunkan angka penyebaran Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah pemerintah membubarkan Front Pembela Islam (FPI) , polisi membangun posko tiga pilar di dekat bekas markasnya, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono menuturkan, posko tiga pilar merupakan salah satu program kerja kepolisian di bawah naungan Polda Metro Jaya . Posko dibangun rangka penanganan Covid-19 dengan nama kampung tangguh.

"Tentunya dari Polda Metro Jaya ada program untuk penanggulangan Covid-19, Kampung Tangguh. Nah ini bagian dari pengembangan kampung tangguh itu," jata Argo di Jakarta, Jumat (1/1/2021).

(Baca: Posko Tiga Pilar Tetap Dibangun di Bekas Markas FPI Petamburan saat Tahun Baru)

Bila pos telah berdiri, aparat TNI dan Polri akan melakukan penjagaan. Tujuannya, kata Argo, untuk membantu menurunkan angka positif Covid-19 yang tinggi.

"Akan diisi oleh beberapa anggota disana, ya nanti untuk mengecek, sehingga nanti kita harus punya prasangka yang positif, kita harus menurunkan daripada angka, angka yang terkena terdampak Covid," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwasanya pos tiga pilar tidak hanya berdiri di Petamburan saja. Melainkan juga didirikan di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya oleh Polda Metro Jaya.

"Enggak hanya di situ saja yang kita buat, jadi semuanya ada beberapa sudah dilakukan Kapolda Metro Jaya. Untuk menurunkan Covid itu, dengan adanya kampung tangguh," ucapnya.

(Baca: Polisi, TNI dan Pemkot Jakpus Bangun Pos di Bekas Markas FPI)

Sebelumnya, Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan mengatakan, pihaknya bersama Koramil dan Kecamatan Tanah Abang membuat pos tiga pilar di kawasan tersebut agar bisa melakukan kegiatan kemasyarakatan di Petamburan. Pos itu juga dibuat agar bisa melayani masyarakat di Petamburan III saat memerlukan bantuan.

"Intinya kami menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Petamburan secara bersama-sama. Kemarin sudah keluar SKB Menteri terkait pembubaran FPI. Kita menjamin Jakarta aman, termasuk Tanah Abang," ujarnya, Kamis 31 Desember 2020.

Sementara itu, Danramil 05/Tanah Abang, Mayor Arh Saryono menerangkan, sejatinya pos itu sudah direncanakan dibuat sejak lama, bukan saat ada euforia pembubaran FPI baru-baru ini saja. Adapun pos itu untuk kebersamaan dan untuk masyarakat sehingga bisa hidup normal kembali dan pos itu sama halnya dengan Pos Kamling saja.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)