Gempa bumi Tektonik M6,2 Guncang Tahuna Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 16 Desember 2020 - 07:36 WIB
loading...
Gempa bumi Tektonik M6,2 Guncang Tahuna Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa bumi Tektonik M6,2 Guncang Tahuna Tidak Berpotensi Tsunami. Foto/SINDOnews/Subhan
A A A
MANADO - Wilayah Laut Sulawesi sekitar pukul 07.21 WITA diguncang gempa tektonik tapi tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,22 Lintang Utara dan 125,47 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 178 km arah Utara Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada kedalaman 28 km.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Sulut Edward H Mengko mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi Cotabato.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Mengko, Rabu (16/12/2020).

Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Tahuna dengan skala II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

(Baca juga: Tenaga Kesehatan dan Bed Isolasi Terbatas, Satgas COVID-19 Sulut Minta Warga Patuhi Prokes)

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ujar Mengko.

Meski demikian, Mengko mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

(Baca juga: KPU Minahasa Utara Tetapkan Joune-Kevin Peraih Suara Terbanyak)

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," pungkas Mengko.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0813 seconds (0.1#10.140)