Libur Nataru, Penumpang Bandara Husein Bandung Diprediksi Naik 60 Persen

Selasa, 15 Desember 2020 - 07:49 WIB
loading...
Libur Nataru, Penumpang Bandara Husein Bandung Diprediksi Naik 60 Persen
Libur Nataru, Penumpang Bandara Husein Bandung Diprediksi Naik 60 Persen. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Volume penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung diperkirakan naik sekitar 60% pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Kenaikan tersebut diprediksi karena tingginya arus mudik dan wisatawan dari dan ke Bandung.

Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung R. Iwan Winaya Mahdar mengatakan, kenaikan 60% itu dibandingkan pada penerbangan normal saat ini. Di mana, load factor maskapai belum terlalu bagus.

"Selain itu, sekarang kan pesawat jet sudah bisa melayani penerbangan domestik dari Bandara Husien Sastranegara Bandung. Berbeda dengan tahun lalu, pesawat jet hanya melayani perbangan internasional," kata Iwan di Bandung, Senin (14/12/2020).

Menurut dia, saat ini telah ada empat maskapai yang melayani penebangan domestik menggunakan pesawat jet. Yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan Air Asia. Rute yang dilayani yaitu ke Denpasar, Kualanamu, Banjarmasin, Palembang, Makasar, dan lainnya.

Menghadapai Nataru, kata dia, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dari sisi sarana, prasarana, dan SDM.

Sarana dan prasarana misalnya, telah dilakukan sejumlah langkah mengantisipasi bila terjadi kenaikan volume penumpang dengan membuat batas agar menjaga jarak.

(Baca juga: Warga Bingung soal Vaksin COVID-19, Peran Jubir Dipertanyakan)

SDM juga telah siapkan yang merupakan gabungan dari TNI AU, Polri, Satgas Udara, Angkasa Pura, Satgas Covid, dinas kesehatan, dan lainnya. Mereka standby mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

(Baca juga: Gawat, Pendopo Majalengka Jadi Klaster Baru Penularan COVID-19)

"Kami juga akan mendirikan posko Nataru yang mulai aktif pada 18 Desember 2020. Posko memantau kondisi penumpang, pelayanan, serta memastikan agar protokol COVID-19 diterapkan. Kepada calon penumpang agar melakukan rapid setelah punya tiket. Alangkah baiknya dilakukan satu hari sebelum berangkat atau maksimal dua jam sebelum cek in," jelas dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)