Palak Pengguna Jalan Tol, 4 Orang Dibekuk Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan

Selasa, 15 Desember 2020 - 06:12 WIB
loading...
Palak Pengguna Jalan Tol, 4 Orang Dibekuk Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan
Empat orang pelaku pungli di pintu masuk Tol Belmera, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, ditangkap Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan. Foto/iNews TV/Yudha Bahar
A A A
MEDAN - Empat orang pelaku pungli di pintu masuk Tol Belmera, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, ditangkap Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan. Video aksi para pelaku pungli ini sempat viral di sosial media.

(Baca juga: Besok KPU Bangka Tengah Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Penentu Pemenang Pilkada )

Dari rekaman video amatir yang diabadikan sopir pikap, terlihat aksi pelemparan yang dilakukan sejumlah pemuda di kawasan pintu masuk Tol Belmera, Kecamatan Medan Belawan. Aksi ini sempat membuat cemas para pengguna jalan tol.

"Setelah mendapatkan laporan dari sejumlah korban, Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan, berhasil menangkap empat orang pelaku pelemparan yang sering menghentikan sejumlah mobil di tengah jalan tol," tegas Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Muhammad R. Dayan.



Para pelaku ini nekat menghentikan mobil di jalan tol, lalu melakukan pemerasan dan pengancaman. Jika sopir tidak menghentikan mobilnya, maka para pelaku ini akan melempar mobil korbannya dengan telur dan batu.

(Baca juga: Semarang Gempar, Mobil Berisi 8 Orang Mendadak Terbakar di Jalan Soekarno-Hatta )

Dayan menyebutkan, keempat pelaku yakni Bungsu Malau, Awaludin, Amrullah, dan Lucas. Mereka ditangkap di kawasan Tol Belmera saat tengah beraksi. "Sasaran pelaku kejahatan ini adalah mobil pengangkut barang, hingga truk tangki bermuatan minyak. Mereka memalak sebesar Rp10 ribu-50 ribu," tuturnya.

Atas aksi pengancaman dan tindakan kekerasan yang dilakukan tersebut, kini keempat pelaku dijerat pasal 386 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal selama sembilan tahun penjara.

(Baca juga: Di Bawah Guyuran Hujan Ratusan Massa Kepung Mapolres Cianjur, Tuntut Pembebasan Habib Rizieq )

Polisi juga masih mengejar tiga orang pelaku lainnya, yang hingga kini masih buron. Dari tiga pelaku tersebut, satu di antaranya diduga ketua kelompok pelaku pemalakan di kawasan Tol Belmera Medan Belawan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)