Klaim Menang, Ketua KPU Arif Budiman Minta Paslon Tunggu Hasil Penetapan KPU dan Patuhi Prokes

Minggu, 13 Desember 2020 - 10:02 WIB
loading...
Klaim Menang, Ketua KPU Arif Budiman Minta Paslon Tunggu Hasil Penetapan KPU dan Patuhi Prokes
Arif Budiman dalam kunjungannya ke Sidoarjo, Sabtu malam (12/12) saat memantau rekapitulasi perhitungan suara di PPK Tanggulangin. Foto/SINDOnews/Pram
A A A
SIDOARJO - Pasangan calon pimpinan daerah peserta Pilkada serentak 9 Desember lalu diberbagai daerah di Indonesia saling klaim kemenangan, mendapat tanggapan serius Ketua KPU Pusat Arief Budiman.

Dalam kunjungannya ke Sidoarjo, Sabtu malam (12/12) saat memantau rekapitulasi perhitungan suara di PPK Tanggulangin, Arif Budiman meminta seluruh paslon peserta Pilkada menunggu hasil penghitungan suara yang ditetapkan KPU.

Menurut Arief, kewenangan untuk menyimpulkan hasil Pilkada terkait masalah penghitungan suara ada pada KPU sehingga pihaknya meminta untuk seluruh paslon maupun tim sukses maupun pendukung menunggu hasil penetapan KPU, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Arief menambahkan, untuk proses penghitungan suara hasil pilkada, hingga saat ini masih dilakukan KPU di sejumlah daerah.

Hingga kini proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada masih berlangsung di tingkat kecamatan yang semuanya masih berlangsung lancar dan aman.

“Saat ini proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan dilaporkan lancar dan aman, kecuali sejumlah daerah yang memang memiliki masalah dalam pelaksanaan pilkada, seperti sejimlah daerah di wilayah Papua,” tegas Arief.

Sementara itu untuk memantau pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di daerah, pihak KPU Pusat telah menurunkan sejumlah tim atau komisioner untuk melakukan supervisi ke sejumlah daerah pelaksana Pilkada serentak 9 Desember lalu.

(Baca juga: Sungai Lamong Meluap, 3 Desa Dikepung Banjir dan Warga Dievakuasi)

Untuk wilayah Kabupaten Sidoarjo, Arief langsung yang melakukan supervisi ke PPK Tanggulangin dan Porong, Sabtu malam didampingi Ketua KPU Sidoarjo M.Iskak dan Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung.

Dalam kesempatan itu, Arief berharap, proses rekapitulasi penghitungan suara, petugas maupun masyarakat yang terlibat harus tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, seperti tetap memakai masker, sering mencuci tangan, dan jaga jarak aman saat berkumpul.

(Baca juga: Tetap Tampil Cantik di Tengah Pandemi COVID-19, Klinik Ini Sediakan Konsultasi Daring)

“Untuk semua pihak mari kita tunggu hasil penetapan yang dilakukan KPU dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” tadasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)