Fenomena Alam, Ribuan Ikan Lemuru Terdampar di Bibir Pantai Jimbaran Bali

Sabtu, 12 Desember 2020 - 09:38 WIB
loading...
Fenomena Alam, Ribuan Ikan Lemuru Terdampar di Bibir Pantai Jimbaran Bali
Fenomena alam ribuan ikan lemuru kecil naik ke pesisir Pantai Jimbaran terjadi beberapa hari belakangan ini. Foto IG Sidi Alit
A A A
JIMBARAN - Fenomena alam unik terjadi di Sepanjang Pantai Jimbaran , Kuta Selatan, Badung, Bali dalam beberapa hari terakhir. Dimana fenomena alam ikan penpen atau ikan lemuru kecil naik ke pesisir pantai dalam jumlah besar. Sehingga membuat warga berdatangan untuk menangkap ikan-ikan lemuru tersebut. Dari hasil tangkapan ikan lemuru tersebut warga bisa mendapat penghasilan hingga ratusan ribu rupiah.
Fenomena Alam, Ribuan Ikan Lemuru Terdampar di Bibir Pantai Jimbaran Bali

Fenomena alam ini terekam video amatir warga yang memperlihatkan para warga berbondong-bondong menangkap ikan lemuru sebanyak-banyaknya di pinggir Pantai Jimbaran , Kuta Selatan, Bali.

Forecaster Kantor BMKG Wilayah III Denpasar Kadek Setiawati mengatakan, fenomena alam terdamparnya ribuan ikan lemuru hingga ke bibir pinggir dipicu tiupan angin kencang dan arus laut yang sangat kuat hingga menyebabkan ikan terdampar.
(Baca: Ini Dua Fenomena Langit yang Terjadi di Pekan Pertama Desember 2020)

“Berdasarkan data analisa suhu muka laut hingga kini belum ada perubahan signifikan berkaitan dengan perubahan air laut. Seiring dengan menurunnya tiupan angin dalam beberapa hari kedepan maka kemunculan fenomena alam ini diperkirakan semakin mengecil,” kata dia.
Fenomena Alam, Ribuan Ikan Lemuru Terdampar di Bibir Pantai Jimbaran Bali

Sementara menurut Wayan Gud, tak hanya para nelayan yang meraup untung dari fenomena ini para warga pun meraih pendapatan lumayan dari hasil mengumpulkan ikan lemuru.
(Bisa diklik: Fenomena Ribuan Ikan Melompat ke Darat Terjadi di Maumere)

Mereka umumnya membentuk kelompok dan bergotong royong mengumpulkan ikan untuk kemudian dibawa menuju pengepul.

“Selain menggunakan cara manual sejumlah warga memilih menggunakan jaring agar bisa meraup lebih banyak ikan lemuru. Dari hasil panen ikan lemuru satu kelompok warga bisa meraup pendapatan hingga Rp500 ribu,” kata Wayan.

Fenomena alam terdamparnya ikan lemuru, kata dia, juga mampu memberi tambahan penghasilan sehari-hari karena selama ini banyak warga yang tak lagi memiliki penghasilan sebagai imbas terpuruknya sektor pariwisata di Bali.

“Ikan lemuru yang telah dibeli oleh pengepul selanjutnya dipisahkan berdasarkan kualitas ikannya. Untuk ikan dengan kualitas rendah nantinya kembali dijual untuk diolah menjadi pakan ternak. khusus di Pantai Jimbaran dan sekitarnya fenomena alam terdamparnya ikan lemuru terakhir terjadi pada 4 tahun silam khusus tahun ini jumlah ikan yang terdampar jumlahnya jauh lebih banyak,” tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)