Menhan Prabowo Perkuat Hubungan Bilateral RI-AS Lewat Kerja Sama Alutsista

Senin, 07 Desember 2020 - 19:37 WIB
loading...
Menhan Prabowo Perkuat...
Menhan Prabowo Perkuat Hubungan Bilateral RI-AS Lewat Kerja Sama Alutsista. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Menteri (menhan) Pertahanan Prabowo Subianto , Senin (7/12/2020), menerima kunjungan kehormatan Plt Menteri Pertahanan Amerika Serikat HE Christopher C Miller, di Kantor Kementerian Pertahanan ( Kemenhan ), Jakarta.

Pertemuan antara Menhan RI dan Pelaksana Menhan AS ini diawali dengan courtessy call yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara Delegasi AS dan Menhan RI beserta jajaran Pejabat Eselon I Kemenhan.
(Baca juga: Prabowo-Plt Menhan Amerika Sepakat Jaga Keamanan Indo Pasifik )

Dalam sambutan pembukaannya Menhan Prabowo mengatakan, Amerika Serikat adalah negara partner yang dekat dengan Indonesia. (Baca juga: Ini yang Akan Dilakukan Prabowo Subianto Selama Berada di Amerika Serikat )

Menurut Prabowo, hubungan strategis kedua negara telah berjalan sangat baik. Menhan berharap dapat menjaga dan mengembangkan hubungan pertahanan yang erat ini, dan senantiasa saling menghargai dan menjaga kepentingan negara masing-masing seperti saat ini.

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar, menjelaskan, pertemuan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. "Menhan AS pagi jam 10 WIB tadi melakukan kunjungan kehormatan ke Menhan Prabowo Subianto disambut dengan upacara jajar kehormatan," kata Dahnil dalam pesan singkat, Senin (7/12/2020).

Dia menjelaskan, rapat tersebut dilakukan secara tertutup. Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka penguatan kerja sana pertahanan yang sudah disepakati selama ini.

"Pembicaraan tertutup terkait dengan penguatan kerja sama pertahanan yang sudah disepakati selama ini," kata Dahnil.

Dikutip dari www.kemhan.go.id, Menhan Prabowo Subianto menekankan keinginan Indonesia untuk melaksanakan pengadaan beberapa alutsista buatan Amerika Serikat melalui program FMS.

Prabowo berharap dapat meningkatkan kerja sama pertahanan di bidang pendidikan dan pelatihan dengan mengirim taruna-taruna akademi militer untuk belajar di akademi militer AS sebagai investasi hubungan kerjasama pertahanan di masa mendatang.

Sementara itu, Plt Menhan AS menjelaskan, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjunginya dalam lawatannya ke negara-negara di kawasan Indo Pasifik sebagai pelaksana Menteri Pertahanan. Hal ini karena hubungan baik kedua negara dan potensi kerja sama partnership di masa mendatang, serta pentingnya posisi Indonesia di kawasan dan hubungan erat dengan Menhan RI Prabowo Subianto.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)