Gubernur Erzaldi Gencar Lakukan Digitalisasi UMKM Saat Pandemi Covid 19

Senin, 07 Desember 2020 - 12:32 WIB
loading...
Gubernur Erzaldi Gencar Lakukan Digitalisasi UMKM Saat Pandemi Covid 19
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berusaha untuk mengembangan UMKM.
A A A
BANGKA BELITUNG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berusaha untuk mengembangan UMKM. Dan pada saat pandemi covid 19, gencar dilakukan Digitalisasi UMKM dengan harapan agar mereka tetap dapat bertahan sebagai UMKM dalam kondisi terdapat pembatasan pergerakan masyarakat.

Bentuknya adalah memfasilitasi UMKM untuk melakukan promosi dan pemasaran pada marketplace baik berskala nasional maupun internasional, media elektronik pada stasiun TV baik milik pemerintah dan swasta, media sosial online dan pameran virtual guna memperkenalkan produk unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu Pemberdayaan UMKM melalui Dinas Koperasi dan UKM serta OPD lainnya dilakukan dengan memberikan fasilitasi sertifikat halal, fasilitasi kemasan produk, bantuan alat pendukung produksi, mendekatkan pada akses pembiayaan serta menjalin kemitraan dengan lembaga lainnya untuk bersinergi dalam pengembangan UMKM.

Disamping itu, Pemerintah juga mendorong masyarakat untuk menggali usaha usaha baru yang berasal dari kearifan lokal yang selama ini belum tersentuh, contohnya pemanfaatan lidi nipah dari Desa Kota Kapur yang saat ini sudah diekspor ke Nepal dan selanjutnya kami terus membina melalui pelatihan produktivitas guna memberikan nilaii tambah melalui pembuatan kerajinan yang diorientasikan untuk kebutuhan lokal, nasional dan ekspor,” jelas Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

Selain itu Dinas Koperasi dan UKM jyga melakukan pendampingan baik oleh Pembina KUKM, Konsultan PLUT, PPKL dan Pendamping Pasca Pelatihan serta bermitra dengan BUMN dan Perguruan Tinggi di Bangka Belitung.

"Kita juga Mensosialisasikan dan mendorong UMKM agar dapat memanfaatkan kebijakan Pemerintah Pusat melalui Program dan kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar 2,4 juta," ungkap Gubetnur Kepulsuan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Selain itu ditambahkan pula oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM bahwa dimasa Pandemi ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung seringkali ' Menyapa UMKM secara Virtual" untuk memberikan semangat agar mereka mampu bertahan dan memanfaatkan peluang usaha dimasa pandemi ini. Dan kami menghimbau kepada masyarakat dan pelaku usaha untuk mengetahui informasi mengenai program dan kegiatan Dinas Koperasi dan UKM dapat memfollow media sosial Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung,"ujar Kepala Dinas KUKM ir. Hj. Elfiyena
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)