Komitmen Iklim Sehat Muba Tuai Apresiasi dan Penghargaan

loading...
Komitmen Iklim Sehat Muba Tuai Apresiasi dan Penghargaan
Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin diganjar penghargaan sebagai Pembina Proklim Tahun 2020 oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.
PALEMBANG - Setelah pada Oktober lalu komitmen menjaga lingkungan yang berkelanjutan dan sehat di Kabupaten Muba diganjar penghargaan Proklim Utama Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK). Atas capaian tersebut Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin diganjar penghargaan sebagai Pembina Proklim Tahun 2020 oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

"Hal ini karena perhatian dan upaya-upaya yang dilakukan Bapak Bupati dalam menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Muba," ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba Andi Wijaya Busro SH MHum di sela Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020 Provinsi Sumsel dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2020 di Desa Perjaya Martapura Kabupaten OKU Timur, Sabtu (28/11/2020).

Andi menjelaskan, beberapa waktu lalu Bupati Muba juga menerima apresiasi sebagai Pembina Proklim Nasional Tahun 2020 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. "Capaian tersebut diraih atas komitmen implementasi menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, salah satu Desa di Muba yakni Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin," ulasnya.

Andi menerangkan keunggulan Desa Bukit Jaya dalam mendapatkan penghargaan Proklim Utama Tahun 2020 yakni di antaranya karena telah berhasil dalam upaya pengendalian kekeringan, banjir yaitu Peresapan air dengan biopori, penggunaan kembali air yang sudah dipakai untuk keperluan tertentu dan pembatasan penggunaan air. Terasering dan tersedia Sistem drainase yang baik.



"Kemudian, berhasil dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, di antaranya pertanian terpadu (integrated farming), menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, dan Pemanfaatan lahan pekarangan," imbuhnya.

"Lalu, upaya pengendalian penyakit terkait iklim yakni pengendalian vektor di antaranya 3M Menguras, Menimbun, dan Menutup, dan juga pengelolaan sampah serta Bank sampah dan Pengomposan, 3R, dan pemanfaatan Biogas kotoran ternak untuk memasak," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. "Mari kita selalu komitmen menjaga lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. Kedepan diharapkan lebih banyak lagi partisipasi masyarakat sebagai bukti kemandirian masyarakat serta pengelolaan lingkungan melalui program kampung iklim dalam upaya menjaga lingkungan," ucapnya.
(alf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top