Begini Cara Pengusaha Rental Mobil Bongkar Kasus Penggelapan

Kamis, 19 November 2020 - 19:16 WIB
loading...
Begini Cara Pengusaha Rental Mobil Bongkar Kasus Penggelapan
Pemilik rental, Hasan (39) memberikan keterangan di Polres Jakarta Barat, Kamis (19/11/2020). Mobil rental yang digelapkan berhasil ditemukan berkat GPS. Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Melalui GPS yang tertanam di kendaraan, kasus penggelapan mobil rental yang dilakukan kelompok YR terbongkar. Dari situ polisi menemukan delapan mobil yang digelapkan.

YR alias WT (40) telah menipu sejumlah pengusaha rental. Tak tanggung-tanggung, 16 mobil rental jenis SUV berhasil digadaikannya.

Pemilik rental, Hasan (39) mengungkapkan terbongkarnya kasus penggelapan itu berawal saat pihaknya mencurigai lokasi mobil yang disewa YR tak bergerak usai dilihat melalui GPS. (Baca juga: Bergaya Perlente, Perempuan Ini Gelapkan Belasan Mobil Rental)

Kala itu sewa mobilnya sudah melewati waktu kesepakatan dari sebelumnya hanya 15 hari, namun hingga hari ke-17 belum dikembalikan. “Setelah dicek ternyata mobil itu di Pandeglang, Banten,” ujar Hasan, Kamis (19/11/2020).

Dia lantas mendatangi lokasi dan mendapati mobilnya terparkir di sana. Meski demikian, Hasan tak bisa mengambil mobil lantaran terjadi adu mulut antara dirinya dengan penadah. Karena kecewa, dia lantas kembali ke Jakarta Barat dan melaporkan kasus ke Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat.

Dalam menjalankan aksi penipuannya, pelaku yang merupakan lulusan SD kerap bergaya meyakinkan. Berpura-pura bekerja sebagai business development, pelaku lantas meminjam lima mobil milik Hasan.

“Satu mobil pertama sampai 15 hari kemudian sepekan setelahnya dia sewa seminggu, dan ketiga dia sewa dua mobil sebulan,” ujar Hasan. (Baca juga: 'Keanehan' Terendus Sejak Februari, Kuasa Hukum Winda Lunardi: Penggelapan Dana Sudah Diduga)

Pada mobil pertama waktu yang sebelumnya 15 hari terlewat 17 hari. Selain itu, YR juga tak juga membayar keterlambatan pembayaran. “Ini yang kemudian membuat kami curiga,” katanya.

Kini tiga dari lima mobil yang disewa YR telah kembali. Dia pun berterima kasih kepada Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)