Kabar Duka Cita, Tokoh Kharismatik Pendiri Ponpes Al-Mukmin Berpulang

Kamis, 19 November 2020 - 10:42 WIB
loading...
Kabar Duka Cita, Tokoh Kharismatik Pendiri Ponpes Al-Mukmin Berpulang
Pendiri Ponpes Al-Mukmin, Ustaz Abdul Qohar bin H Daeng Matase meninggal dunia. Foto/iNews/Bramantyo
A A A
SUKOHARJO - Keluarga besar Pondok Pesantren Al-Mukmin , Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, berduka. Salah satu pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin , Ustaz Abdul Qohar bin H Daeng Matase meninggal dunia. Sosok karismatik asal Sulawesi ini meninggal diusia 83 tahun. (Baca juga: Mengerikan, Tabrakan Maut di Simalungun Korban Berserakan di Jalan )

Humas Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Ustaz Muchson saat dikonfirmasi membenarkan salah satu pendirinya meninggal dunia. "Betul, beliau (ustaz Abdul Qohar bin H Daeng Matase) meninggal dunia. Beliau meninggal di rumahnya sendiri didaerah Bekonang," ujarnya saat dikonfirmasi media ini, Kamis (19/11/2020).

Menurut Muchson, pihaknya tidak tahu persis penyebab meninggalnya Ustaz Abdul Qohar. Namun, Muchson benarkan bila Ustaz Abdul Qohar sering sakit-sakitan karena usianya yang telah lanjut. "Kalau pastinya meninggalnya kenapa, kami tidak tahu persis. Tapi beliau memang sering sakit-sakitan karena usiannya sudah lanjut," ujarnya.

Di mata para santri, sosok Ustaz Abdul Qohar begitu dikenang. Meskipun Ustaz Abdul Qohar sendiri dikenal sangat tegas. Salah satu yang paling disukai dari Ustaz Abdul Qohar ini adalah kebersihan. Sehingga Ustaz Abdul Qohar kerab memberikan hukuman pada para santrinya yang tak mengindahkan kebersihan. (Baca juga: Projo Merapat, Elemen Pendukung Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya Kian Kuat )

"Sosok beliau disiplin, saat kami masih aktif menjadi santri. Beliau sangat peduli terhadap para santri. Beliau juga sangat dikenal karena kedisiplinan dan kebersihan, tapi beliau sangat dekat dengan anak-anak," ujarnya.

Ustaz Abdul Qohar Salah satu pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin bersama Abu Bakar Ba'asyir, Abdullah Sungkar, Abdullah Baraja, Yoyok Rosywadi, dan Ustadz Hasan Basri.

Dari sejarah singkat berdirinya Pondok Pesantren Al-Mukmin , Ustaz Abdul Qohar pertama kali mendirikan Pondok Pesantren Al-Mukmin di sekitar daerah Gading, pada 10 Maret 1972 sebelum akhirnya dipindahkan ke daerah Ngruki, seiring bertambahnya jumlah santri. (Baca juga: Hari Ini Jerinx Divonis Kasus 'IDI Kacung WHO', ICJR: Dakwaan Tidak Cermat )

Rencananya, sekitar pukul 11.30 WIB, sosok kharismatik yang begitu dekat dengan para santri Pondok Pesantren Al-Mukmin ini, akan dimakamkan di pemakaman muslim di daerah Polokarto, Sukoharjo.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)