Guncangan Gempa Bermagnitudo 6,3 Sisakan Trauma Bagi Warga Mentawai

Selasa, 17 November 2020 - 10:03 WIB
loading...
Guncangan Gempa Bermagnitudo 6,3 Sisakan Trauma Bagi Warga Mentawai
Gempa bermagnitudo 6,3 yang terjadi pada pukul 08.44 WIB juga dirasakan oleh warga di wilayah Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Foto/Okezone/Rus Akbar
A A A
MENTAWAI - Gempa bermagnitudo 6,3 yang terjadi pada pukul 08.44 WIB juga dirasakan oleh warga di wilayah Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai , Sumatera Barat, warga sempat panik dan takut namun bisa diredam oleh pemerintah setempat. (Baca juga: Gempa Magnitude 6,3 Guncang Mentawai, Warga Berhamburan Keluar Rumah )

Camat Pagai Utara, Gabriel Sakeru mengatakan, gempa memang kuat di sini, karena memang lokasi dekat dengan Pagai Utara. Warga sempat panik namun setelah diberikan informasi bahwa gempa tidak terjadi tsunami, warga kembali tenang.

"Di daerah Silabu tempat terjadi gempa dan tsunami 2010 lalu juga dikabarkan belum ada kerusakan, begitu juga di kecamatan di Saumanganya belum ada kerusakan karena rata-rata rumah warga terbuat dari kayu dan sebagian semi permanen," ungkapnya saat dihubungi, Selasa (17/11/2020)

Meski gempa tidak ada tsunami kata Gabriel yang pernah bekerja di BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai , masyarakat tetap waspada. "Jangan kita takuti gempa itu karena kita memang tinggal di daerah rawan gempa yang penting kita tetap waspada," ujarnya. (Baca juga: Didatangi Satgas COVID-19, Pengunjung Diskotek di Medan Berhamburan )



Dia juga memaklumi warga yang masih trauma gempa ini, dulu sempat terjadi gempa besar di Pagai Utara meski tidak ada tsunami ada beberapa orang meninggal karena gempa , sekarang warga sudah tinggal di daerah perbukitan tidak lagi di pantai.

Berdasarkan laporan dari Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai , Novriadi, gempa bermagnitudo 6,3 tersebut terjadi di 2.87 LS,99.07 BT (109 km Barat Daya Tuapeijat dengan kedalam 10 kilometer beberapa desa di wilayah Mentawai juga dirasakan.

Di Desa Betaet Kecamatan Siberut Barat, gempa terasa kuat dan masyarakat spontan evakuasi ke bukit. Di Labuan Bajau Siberut Barat juga dirasakan tapi tidak kuat. Di Peipei, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya terasa kuat, masyarakat keluar dari rumah. (Baca juga: Ikan Duyung Terdampar di Tepi Pantai, Warga Konawe Kepulauan Heboh )

Di Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara juga terasa kuat, masyarakat keluar rumah. Desa Beriulou, Kecamatan Sipora Utara terasa kuat, masyarakat keluar rumah begitu juga di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap sampai ke luar rumah. "Sementara belum ada laporan kerusakan bangunan," ujar Novriadi.

(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6970 seconds (0.1#10.140)