Jelang Pencoblosan, KPU Surabaya: Pemilih Dikasih Sarung Tangan dan Masker

Senin, 16 November 2020 - 10:00 WIB
loading...
Jelang Pencoblosan, KPU Surabaya: Pemilih Dikasih Sarung Tangan dan Masker
Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi menjelaskan tentang persiapan tahapan Pilwali Kota Surabaya. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SURABAYA - Pilkada Serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 memiliki tata cara baru saat pencoblosan karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19 . Guna menjaga keamanan pemilih, KPU menyiapkan berbagai alat pengaman diri bagi penyelenggara dan pemilih.

Ketua KPU Kota Surabaya , Nur Syamsi menjelaskan, berbagai persiapan memang terus dimatangkan jelang 23 hari lagi pelaksanaan pencoblosan. Logistik yang selama ini menjadi rutinitas seperti surat suara, alat pencoblosan serta bilik juga ditambah dengan alat pelindung diri bagi penyelenggara dan pemilih. (Baca juga: KPU Optimistis Gunakan Sirekap di Pilkada 2020)

“Jadi nanti pemilih sebelum masuk ke TPS akan diberi sarung tangan plastik. Mereka juga dikasih masker dan wajib cuci tangan,” kata Nur Syamsi, Senin (16/11/2020). (Baca juga: Bawaslu Ungkap Tiga Tantangan Penggunaan Sirekap di Pilkada 2020)

Ia melanjutkan, setelah mengunakan hak pilihnya, para warga juga tidak lagi mencelupkan tangannya ke tinta. Sebab, tinta bukti memilih nantinya akan diteteskan. Termasuk juga diarahkan untul membawa pulpen sendiri dari rumah.

“Sejak awal sampai akhir, kami berupaya untuk tidak terjadi kontak fisik selama pemilih memberikan hak pilihnya di TPS,” ungkapnya.

Untuk penyelenggara, katanya, mereka juga dibekali dengan alat pelindung diri sesuai protokol kesehatan. Semua penyelenggara nanti memakai face shield dan hand scoon. “Bahkan kami juga menyediakan satu buah baju hazmat untuk tiap TPS,” ucapnya.

Tempat mencoblos pun disediakan dengan aman tanpa ada kerumunan. Setidaknya ada dua tempat mencoblos di tiap TPS serta ada tempat mencoblos khusus ketika ada orang yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 celcius. “Nanti ada pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke TPS,” jelasnya.





(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)