Tur Online Museum dan Surabaya Heroic Pilihan Bijak Selama Pandemi

Jum'at, 13 November 2020 - 16:51 WIB
loading...
Tur Online Museum dan Surabaya Heroic Pilihan Bijak Selama Pandemi
Tur ke museum kini bisa dilakukan secara virtual selama masa pandemi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meramaikan Hari Pahlawan. Foto/SINDOnews/dok
A A A
SURABAYA - Konsep virtual menjadi pilihan epik dilakukan untuk meramaikan peringatan Hari Pahlawan. Kegiatan tur online museum serta wisata kepahlawanan menjadi pilihan bijak untuk menekan jumlah penularan COVID-19.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, tur online museum dan heroic track merupakan agenda kegiatan yang memperkenalkan beberapa obyek wisata bersejarah di Kota Surabaya.

Menggunakan aplikasi online, selama kegiatan berlangsung peserta dipandu oleh guide lokal serta narasumber ahli sejarah.

"Jadi saat kegiatan berlangsung, para peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan akan ditanggapi oleh guide maupun narasumber," kata Febri, panggilan akrabnya, Jumat (13/11/2020).

Ia melanjutkan, rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan ini bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata yang memiliki nilai kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya para pelajar Surabaya.

Selain itu pula untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai obyek wisata kepahlawanan. "Bisa juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda atau pelajar," ucapnya.

Kegiatan tur online museum, katanya, bakal berlangsung selama dua hari yakni 14 - 15 November dengan mengambil tema Heroisme Pahlawan Surabaya.

Rangkaian tur online ini akan mengisahkan perjalanan semangat kepahlawan. "Ada tokoh-tokoh perjuangan sejak masa pra nusantara, masa kebangkitan, hingga pasca kemerdekaan," katanya.

Pada hari pertama 14 November, para peserta akan diajak mengunjungi Museum Surabaya (Raden Wijaya), Museum WR. Supratman dan Museum Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) melalui virtual. (Baca juga: Siswi SMP Mual Dikira Masuk Angin, Dibawa ke Tukang Pijit, Eh Ternyata Dihamili Paman)

Sedangkan hari kedua 15 November 2020, peserta diajak mengunjungi Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum DR. Soetomo, dan Museum 10 November. (Baca juga: Kemenperin Dorong Industri Kulit dan Alas Kaki Ambil Peluang Bisnis Lewat Digitalisasi)

Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan Surabaya Heroic Track Tahun 2020 secara online akan berlangsung pada Selasa, (17/11), mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Lokasinya, berada di Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum 10 November Tugu Pahlawan Surabaya.

"Peserta merupakan pelajar SD - SMP di Kota Surabaya sekitar 300 orang. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan ini melalui aplikasi zoom," katanya.

Meski demikian, masyarakat umum juga dapat mengikuti rangkaian Tur Online Museum serta Surabaya Heroic Track melalui media sosial instagram resmi milik Pemkot Surabaya. Yakni, @Surabaya, @Surabayasparkling dan @Sapawargasby.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)