Tenaga Kesehatan Terpapar Corona, Sudah 5 Puskesmas Blitar Ditutup Sementara

Kamis, 12 November 2020 - 18:56 WIB
loading...
Tenaga Kesehatan Terpapar Corona, Sudah 5 Puskesmas Blitar Ditutup Sementara
Jumlah puskesmas di Kabupaten Blitar yang ditutup sementara akibat adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19 terus bertambah. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BLITAR - Jumlah puskesmas di Kabupaten Blitar yang ditutup sementara (lockdown) akibat adanya tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Corona (COVID-19) terus bertambah. Data terbaru, puskesmas di wilayah Kecamatan Wonodadi juga di-lockdown setelah satu orang pegawai positif COVID-19.

"Iya benar, Puskesmas Wonodadi ditutup karena ada satu staf yang positif," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani, Kamis (12/11/2020). Sebelumnya karena COVID-19 Pemkab Blitar pernah menutup Puskesmas Selopuro, Wlingi, Wates dan Sanankulon. (Baca juga: Tragis, Ayah, Ibu, dan Anak Meninggal Berurutan Usai Gelar Hajatan Nikah)

Sesuai protokol yang berlaku, untuk sementara waktu puskesmas tidak membuka layanan kesehatan sampai dipastikan bersih dari kasus positif COVID-19. Begitu juga puskesmas Wonodadi yang untuk sementara menutup layanan kesehatan. Lockdown berlangsung mulai Kamis (12/11/2020), dan direncanakan kembali aktif pada Senin (16/11/2020). (Baca juga: Begini Kronologi Sekeluarga Meninggal Usai Gelar Hajatan Nikah)

"Saat ini masih dilakukan sterilisasi," tambah Kuspardani. Dari hasil tracing Satgas COVID-19, petugas bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Kabupaten Tulungagung. Ketika melakukan rapid test, hasilnya reaktif. Dan begitu berlanjut swab test, hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain menutup sementara puskesmas, petugas satgas penanganan COVID-19 juga melakukan pemeriksaan kepada semua pegawai yang memiliki riwayat berkontak erat. Jika nanti diketahui ada yang terpapar, semuanya akan diwajibkan menjalani isolasi. "Sesuai prosedurnya diisolasi sampai benar benar dinyatakan sembuh," tandas Kuspardani.

Sementara tercatat hingga 12 November, jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar mencapai 910 kasus. Perinciannya, 761 orang sembuh, 71 orang meninggal dunia, 32 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan selebihnya diisolasi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)