Aslam Harap Kapabilitas APIP Gowa Bisa Semakin Meningkat

Kamis, 12 November 2020 - 16:10 WIB
loading...
Aslam Harap Kapabilitas APIP Gowa Bisa Semakin Meningkat
Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi saat Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Points by Sheraton. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa , Andi Aslam Patonangi berharap kapabilitas Inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Gowa bisa semakin meningkat.

"APIP kita sudah level tiga, tinggal bagaimana fokus pemeriksaan berbasis resiko, kemudian penguasaan manajemen resiko," ujarnya, seusai menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Kamis (12/11/2020).



Dari 548 pemerintahan di Indonesia yang terdiri dari pemerintah kabupaten, pemerintah kota maupun pemerintah provinsi hanya 8 pemerintah yang berhasil meraih kapabilitas APIP level 3, salah satunya Pemkab Gowa .

Untuk di Sulsel sendiri, hanya ada 2 pemerintahan yang berhasil meraih kapabilitas APIP level 3 yakni Pemkab Sidrap dan Gowa. Khsusus di Gowa berhasil meraih level 3 tanpa catatan.

Peningkatan kapabilitas APIP Inspekotrat Gowa ke level 3 ini berdasarkan hasil penilaian mandiri dengan melihat enam indikator penunjang. Antara lain peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya, serta struktur tata kelola.

Peningkatan kapabilitas APIP pada level 3 tentunya tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah dalam hal pengawalan akuntabilitas keuangannya. Termasuk kerja keras dari Inspektorat Gowa dan dukungan seluruh pihak.

"Dengan diraihnya kapabilitas APIP level 3 ini maka APIP dianggap mampu menilai efesiensi, efektivitas, dan ekonomi serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola pemerintahan, menerapkan manajemen resiko, dan pengendalian intern," ucapnya.



Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa yang juga menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamsina di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa bersama jajaran Inspektorat Kabupaten Gowa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)