Kesultanan Ternate Syukuran, Sultan Baabullah Datuk Sjah Dianugerahi Pahlawan Nasional

Rabu, 11 November 2020 - 08:58 WIB
loading...
Kesultanan Ternate Syukuran, Sultan Baabullah Datuk Sjah Dianugerahi Pahlawan Nasional
Kesultanan Ternate Syukuran, Sultan Baabullah Datuk Sjah Dianugerahi Pahlawan Nasional. Foto/Antara
A A A
TERNATE - Kesultanan Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar acara syukuran dan tahlilan yang berlangsung pada 10 November 2020 di pendopo Kesultanan Ternate.

Acara ini merupakan wujud apresiasi ke Presiden Joko Widodo yang telah menganugerahi Sultan Baabullah Datuk Sjah sebagai pahlawan nasional.

"Seluruh perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat menggelar syukuran atas penganugerahan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional," kata Kapita Lao Kesultanan Ternate, Ayhar Do Basir, Selasa (10/11/2020).

Dia menambahkan, pada Sabtu, 14 November Kesultanan Ternate akan menerima perwakilan ahli waris dan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman yang tiba dari Jakarta.

Di samping itu, tahlilan dan syukuran ini merupakan keinginan dan niat luhur dari seluruh elemen yang memperjuangkan agar Sultan Baabullah dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Sultan Baabullah berjuang mengusir penjajah dari Jazirah Moloku Kieraha pada abad ke-16. Dia berharap di masa depan, seluruh elemen seperti LSM Karamat hingga pemerintah daerah yang telah menunjukkan keseriusannya untuk mengusulkan Sultan Baabullah Datuk Sjah sebagai pahlawan nasional harus bersama-sama mengusulkan kembali Sultan Muhammad Djabir Sjah sebagai pahlawan nasional.

Sementara itu, penganugerahan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional oleh Jokowi yang berlangsung di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Pemkot Ternate bersama warga akan melakukan penjemputan yang dijadwalkan pada Sabtu (14/11/2020) akhir pekan ini.

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate, M Saiful Arsyad mengatakan, setelah pengunegarahan itu pemkot akan melakukan penjemputan di Kota Ternate sesuai dengan jadwal penjemputan.

Acara tersebut akan melibatkan warga, namun tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan. "Nantinya akan dilanjutkan dengan syukuran dipusatkan di kedaton Kesultanan Ternate, dan itu juga sudah dikoordinasikan dari dinas sosial," kata Saiful.

Sementara dalam penerimaan gelar pahlawan nasional, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman dari unsur pemerintah bersama dengan Hidayat Mudaffar Sjah mewakili pihak keluarga yang hadir menerima gelar pahlawan tersebut. (Baca juga: Jejak SM Amin Nasution, Gubernur Sumut Pertama yang Dapat Gelar Pahlawan Nasional)

Terkait penganugerahan pahlawan nasional diberikan oleh Presiden Jokowi, atas nama Pemerintah Kota Ternate mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung hingga gelar pahlawan nasional ini diterima Sultan Baabullah.

Semangat perjuangan Baabullah dalam mengusir penjajah akan menjadi semangat bagi pemerintah dalam pembangunan ke depan. (Baca juga: Keluarga Besar Polri Bangga Kapolri Pertama RS Soekanto Menjadi Pahlawan Nasional)

Dia menambahkan, Pemkot Ternate juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada LSM Karamat dan seluruh jajaran pengurus yang sudah memprakarsai pengusulan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4130 seconds (0.1#10.140)