Debat Kandidat Dinilai Bisa Raih Simpati Swing Voter

Sabtu, 07 November 2020 - 07:40 WIB
loading...
Debat Kandidat Dinilai Bisa Raih Simpati Swing Voter
Debat kandidat perdana untuk Pilwalkot Makassar digelar hari ini. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Debat pertama Pilwalkot Makassar 2020 akan digelar di Jakarta, Sabtu, (7/11/2020). Debat publik ini dinilai bisa menjadi ajang untuk mengambil simpati swing voter (pemilih mengambang).

Pada debat pertama ini, Paslon akan beradu gagasan mengenai tema yang telah ditentukan oleh KPU. Keempat Palson akan melakukan pendalaman, penjabaran visi dan misi menyangkut sosial budaya, pendidikan, keamanan, lingkungan, transportasi dan toleransi.



KPU Makassar bakal membagi debat pertama ini menjadi tujuh segmen. Khusus segmen pendalaman visi misi tema, ada sesi tanya jawab dan saling sanggah antar Paslon.

Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad memprediksi antar Paslon berpotensi saling serang pada debat perdana ini. Apalagi para Paslon diberi ruang untuk saling sanggah terkait program.

"Kalau dia (KPU, panelis dan moderator) memberi ruang untuk saling sanggah, ya pasti terjadi (saling serang). Tinggal kita mengharapkan mereka (Paslon) tidak saling menjatuhkan," ucap Firdaus melalui sambungan telepon, Jumat (6/11) kemarin.

Menurut Firdaus, debat ini merupakan panggung terpenting untuk melihat kualifikasi antar Paslon . Saling beradu gagasan terkait program yang dirancang. Bukan tempat untuk saling mencari kesalahan dan menjatuhkan.

"Jadi kalau pun misalkan ada tendensius, sepeti mau menjatuhkan, tidak sopan atau berlebihan lah, itu justru penilaiannya negatif di dia (Paslon). Kalau ada yang berusaha mendomanisasi, maka dia bisa jatuh sendiri dari penilaian masyarakat. Apalagi masyarakat Makassar ini sudah pada peka," katanya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin ini berharap, debat perdana ini edukatif dan produktif. Para Paslon bisa melahirkan gagasan melalui program yang dirancangnya.

"Jadi bukan lagi pertandingan siapa yang jago debat, tapi panggung buat mereka meyakinkan masyarakat bahwa kalau saya wali kota-nya, akan seperti ini. Ada program dengan cara meyakinkan masyarakat, dan program itu realistis bisa dilaksanakan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6000 seconds (0.1#10.140)