Tujuh Kampung di Waibhu Terima ADK

Sabtu, 09 Mei 2020 - 08:30 WIB
loading...
Tujuh Kampung di Waibhu Terima ADK
Bupati Jayapura saat menyerahkan ADK kepada salah satu Kepala Kampung di Distrik Waibhu.
A A A
SENTANI - Upaya Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam penanganan dan penanggulangan bencana nonalam Covid-19 masih terus dilakukan bagi warga masyarakat yang tersebar di 19 distrik dan juga 139 kampung dan lima kelurahan.

Selain distribusi sembako, Pemerintah Daerah juga memberikan bantuan anggaran melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) bagi tujuh kampung yang tersebar di Distrik Waibhu (Doyo Baru, Doyo Lama, Kwadewar, Dondai, Sosiri, Kanda, dan Yakonde). Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Jayapura kepada masing-masing kepala kampung di Kantor Distrik Waibhu, Jumat (8/5/2020).

Bupati Jayapura pada kesempatan itu menjelaskan, bantuan dana melalui ADK yang diterima oleh masing-masing Kepala Kampung hendaknya dipergunakan dengan sebaik mungkin dalam masa penanganan Covid-19 di kampung masing-masing.

“Kita sudah imbau masyarakat untuk kembali mengelola sumber daya alamnya, dana ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat dalam pengembangan sumber daya alam siap diolah. Seperti penyediaan bibit, serta fasilitas penunjang lainnya," jelas Bupati Awoitauw usai menyerahkan ADK.

Menurutnya, komoditi unggulan Kabupaten Jayapura adalah kakao, sagu, ikan, juga sayur mayur. Dengan ADK yang diterima, akan menjadi bekal bagi masyarakat agar tetap bertahan di kampung untuk kerja dan mengolah hasil SDA tanpa harus ke kota.

“Sudah kami perintahkan kepada instansi teknis terkait agar dapat memberikan dukungan kepada masyarakat dengan penyiapan fasilitas penunjang seperti bibit tanaman yang dibutuhkan, termasuk perikanan dan peternakan,” ujarnya.

Bupati Mathius berharap dengan ADK Rp100 juta yang diterima oleh masing-masing kampung, dapat dimanfaatkan berdasarkan Petunjuk Teknis (juknis) yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pembedayaan Kampung.

“Kepala kampung jangan bikin juknis sendiri lagi, ajak masyarakat untuk memanfaatkan alokasi dana yang tersedia untuk pengembangan dan pemanfaatkan sumber daya serta kearifan lokal yang tersedia dimasing-masing kampung,” pungkasnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)