Percepat Tangani Covid-19, Relawan Harus Menjadi Patriot Bangsa

Rabu, 15 April 2020 - 23:00 WIB
loading...
Percepat Tangani Covid-19, Relawan Harus Menjadi Patriot Bangsa
Ketua Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas (tengah), dan Ketua Bidang Pelatihan mas Prasetyo (kanan). Foto istimewa
A A A
JAKARTA - Kelompok Kerja Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus bekerja menyiapkan para relawan agar siap diterjunkan di lapangan. Hingga hari ini, Rabu (15/04/2020), setidaknya sudah lebih dari 22.000 orang yang mendaftarkan diri menjadi relawan.

Para relawan akan dibekali dengan pelatihan sehingga mereka memiliki dasar-dasar kerelawanan. Hal ini penting karena mereka akan menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini. Hari ini, Ketua Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas Andre Rahadian memberikan arahan agar setiap relawan yang akan diterjunkan, harus diberikan bekal pemahaman yang cukup.

“Mereka adalah orang-orang yang terpanggil menjadi patriot di dalam situasi ini. Karenanya, mereka harus memiliki pemahaman yang sama dalam melihat bencana ini termasuk pemahaman bagi mereka untuk tetap sehat di saat bertugas,” jelas Andre di Jakarta, Rabu (15/04/2020).

Pelatihan tersebut, lanjut Andre yang juga Ketua Iluni UI, merupakan bentuk tanggung jawab kepada para relawan sebelum turun membantu agar mereka dapat menjadi solusi di lingkungannya. “Jadi mereka harus mengerti soal Covid-19 ini, penanganannya dan bagaimana menghadapinya,” ujarnya.

Ditemui secara terpisah, Ketua Bidang Pelatihan Relawan di dalam Gugus Tugas, Prasetyo Nurhardjanto menjelaskan bahwa bidangnya menyiapkan beberapa model pelatihan yang hampir semuanya dikemas dalam sistem daring.

Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang populer saat ini, pelatihan dikemas dalam bentuk Pembekalan, Webinar, penyebaran dokumen-dokumen resmi hingga pembuatan buku saku dalam bentuk softcopy.

“Ini tantangan tersendiri, karena kami harus memfasilitasi seluruh pelatihan dengan metode online. Namun demikian, semangat para relawan tampak saat mengikuti pembekalan yang hari ini dilakukan melui aplikasi zoom,” jelas pria yang biasa dipanggil Pras ini.

Masih menurut Prasetyo, yang juga Wakil Ketua DPP Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) ini, para relawan merupakan warga masyarakat dari berbagai kalangan dan sangat beragam. Karenanya pelatihan ini disusun secara komprehensif agar memberikan bekal yang cukup untuk terjun ke zona terdampak.

Beberapa materi yang diberikan meliputi: Dasar-Dasar Kerelawanan, Mengenal Covid19 dan cara Pencegahannya, Fakta dan Data mengenai Covid termasuk materi-materi tentang motivasi diri. “Intinya, kami menyiapkan agar para relawan saat terjun ke masyarakat harus menjadi inspirasi dan harapan bagi bangsa ini,” pungkas Prasetyo.

Sebagaimana diketahui, penyebaran virus Covid-19 ini semakin masif hingga Presiden Jokowi mengeluarkan Perpres kondisi saat ini menjadi Bencana Nasional.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)