Kunjungi Jateng, Ridwan Kamil Minta Warga Tak Mudik Libur Panjang

Senin, 26 Oktober 2020 - 02:15 WIB
loading...
Kunjungi Jateng, Ridwan Kamil Minta Warga Tak Mudik Libur Panjang
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Kota Semarang Jawa Tengah. FOTO : Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Kota Semarang Jawa Tengah. Dia sempat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, membahas sejumlah hal termasuk penanganan COVID-19 dan libur panjang.

“Biasanya kita koordinasi kalau sudah ada libur panjang, kan ada perlintasan orang ke Jawa Tengah lewat Jawa Barat dan sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu kepada awak media di Semarang, Minggu (25/10/2020). (Baca juga : Elektabilitas Ganjar Konsisten Naik, Prabowo dan Anies Turun Naik )

Dua kepala daerah itu berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyebaran COVID-19. Di antaranya dengan mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang diperkirakan terjadi pada libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020.

“Kita sudah bersepakat dengan Pak Ganjar, yang penting 3M, mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Karena kalau dia mau kerja atau tidak kerja, virus (COVID-19) itu tingginya kalau tidak menggunakan 3M,” beber dia.

Untuk itu, Kang Emil mengimbau warga tidak keluar kota atau pulang ke mudik. Sebab, arus mudik sangat berpotensi menimbulkan kerumunan baik selama perjalanan maupun ketika tiba di kampung halaman.

“Jadi sebenarnya kerumunan yang sifatnya mudik itu bisa dihindari potensinya kalau kita disiplin. Nah memang harapannya kalau kalau tidak perlu-perlu amat, bergerak (mudik) selama long weekend itu jangan,” ungkapnya.(Baca juga : Ada Puan dan Risma, Tak Mudah Ganjar Melaju ke Pilpres )

“Tapi kalau sudah keburu, kadung ya baru boleh tapi menggunakan 3M. Saya kira itu yang bicarakan (dengan Ganjar). Kemudian saling info terkait konsep masing-masing (penanganan COVID-19) saling bisa menguatkan,” tandasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)