Kiat Berolahraga dengan Aman pada Masa Pandemi

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 23:13 WIB
loading...
Kiat Berolahraga dengan Aman pada Masa Pandemi
Suasana webinar Siloam Hospitals Groups dengan tema Berolahraga Dengan Aman di Masa Pandemi, Sabtu (24/10/2020). Foto/Ist
A A A
MAGELANG - Berolahraga di masa pandemi sangat disarankan. Sebab, berolahraga dapat meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh yang merupakan modal untuk mencegah COVID-19 .

Sayangnya, berolahraga di masa pandemi juga tidak luput dari risiko cedera. Lalu bagaimanakah cara berolahraga dengan aman di masa pandemi? (Baca juga: Jalan Santai Membantu Menurunkan Berat Badan dan Lemak Perut )

Dokter spesialis orthopedi RSU Syubbanul Wathon, Magelang, Jawa Tengah, dr Trimanto Wibowo MBiomed SpOT mengatakan olahraga sangat penting dilakukan di masa pandemi. Sebab berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh yang penting untuk mencegah penularan COVID-19. (Baca juga: Update Corona: 385.980 Positif, 309.219 Sembuh, 13.205 Meninggal )

Namun, selama pandemi ini seluruh aktivitas disarankan untuk dijalankan di rumah saja, tak terkecuali berolahraga. Biasanya olahraga yang disarankan adalah yang memiliki intensitas rendah sampai dengan sedang. Tapi, walau hanya dilakukan di rumah, risiko cedera karena berolahraga tetap bisa saja terjadi.

“Biasanya, cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga di rumah adalah pada bagian bahu, siku, pergelangan tangan, pangkal paha, lutut, dan pergelangan kaki,” ungkapnya di sela webinar Siloam Hospitals Groups dengan tema 'Berolahraga Dengan Aman di Masa Pandemi', Sabtu (24/10/2020).

Menurut dr Trimanto, untuk mencegah terjadinya cedera olahraga bisa dilakukan secara primer maupun tersier. Untuk premier sebelum berolahraga sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh. Misalnya tubuh harus sehat, tidak demam, pusing, rasa yeri otot atau keluhan lainnya.

Sedangkan pencegahan tersier adalah cukup melakukan pemanasan dan pendingin yang baik pada sebelum dan sesudah berolahraga. “Kedua hal ini tidak bisa diabaikan untuk mencegah terjadinya cedera saat melakukan olahraga di rumah saja,” kata dr Trimanto.

Namun, lanjut dr Trimanto, apabila cedera berolahraga tidak bisa dihindari dan terjadi di rumah, maka sebaiknya melakukan penanganan pertama untuk mencegah terjadinya keparahan.
Pertama, istrirahatkan bagian tubuh yang terkena cedera.
Kedua, memberikan es di lokasi yang terkena cedera selama kira kira 20 menit. Ketiga, pemberian penekanan kepada jaringan yang mengalami cedera. Keempat tinggikan area yang terkena cedera melampaui jantung.

Jika metode pertolongan atau penanganan pertama ini dilakukan dalam 2-3 hari, cedera pun akan lebih cepat terobati. “Namun apabila cederanya mengkhawatirkan sebaiknya mendapatkan penanganan yang tepat pada cedera yang lebih lanjut,” kata dia.

Sementara itu, dokter spesialis orthopedi RS Siloam Semarang dr Irissandya Dyah Atisuksma SpOT mengatakan pada lansia olahraga juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan agar selalu bugar dan menyehatkan tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)