Peringatan Hari Santri, Kolaborasi Umara dan Ulama Jadi Kunci

Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:15 WIB
loading...
Peringatan Hari Santri, Kolaborasi Umara dan Ulama Jadi Kunci
Tasyakuran malam Peringatan Hari Santri Tahun 2020 di rumah dinas wali kota. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama masyayikh, kyai dan para santri menggelar tasyakuran malam Peringatan Hari Santri Tahun 2020 di rumah dinas wali kota, Rabu (21/10/2020) malam.

Peringatan ini dilakukan untuk mengenang dan melanjutkan semangat perjuangan kaum santri dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.

Tasyakuran malam peringatan Hari Santri di rumah dinas Wali Kota Surabaya berjalan dengan protokol kesehatan ketat.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya, KH Muhibbin Zuhri menuturkan, peringatan Hari Santri sangat istimewa karena berlangsung di rumah dinas wali kota. Tentunya ini menjadi bukti kemanunggalan antara ulama dan umara di Surabaya berjalan dengan baik.

"Peringatan malam hari ini di rumah dinas Wali Kota Surabaya sangat istimewa, merupakan isyarah (kedekatan) yang nyata, kemanunggalan (sinergi) antara ulama dan umara, alhamdulillah," kata Muhibbin.

Ia melanjutkan, secara umum peran ulama dan umara cukup besar di masyarakat Indonesia dalam menentukan masa depan bangsa. Jika keduanya baik, maka akan baik seluruh manusianya.

“Malam hari ini kita menunjukkan antara Nahdlatul Ulama (NU) manunggal dengan Pemkot Surabaya dan Insya Allah akan melahirkan kebaikan-kebaikan yang menuju pada kemaslahatan umat,” ucapnya.

Ia menambahkan, tugas seorang ulama dan umara hampir sama. Keduanya adalah pilar perdamaian bangsa.

Jika umara berhubungan dengan pemerintahan, maka organisasi islam seperti NU dan Muhammadiyah berhubungan dengan majelis-majelisnya yang esensinya sama untuk kemaslahatan umat.

“Oleh karena itu, kerjasama yang baik saling mendukung satu dengan lain ini mudah-mudahan menjadikan warga Kota Surabaya lebih sejahtera. Sejahtera lahirnya dan sejahtera batinnya,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)