Persneling Patah, Truk Bermuatan Kayu Terguling di Bawen

Rabu, 21 Oktober 2020 - 18:24 WIB
loading...
Persneling Patah, Truk Bermuatan Kayu Terguling di Bawen
Petugas Satlantas Polres Semarang saat melakukan olah TKP kecelakaan lalu lintas di kawasan exit tol Bawen, Rabu (21/20/2020). Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di jalan raya Semarang-Solo tepatnya di kawasan exit tol Bawen, Kabupaten Semarang , Rabu (21/10/2020). Truk Mitsubishi Fuso bernopol AG 9608 VC terguling setelah persnelingnya patah dan rem belakang tidak berfungsi dengan baik di jalan menanjak selepas persimpangan exit tol Bawen.

Kecelakaan ini mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Solo menuju Semarang tersendat lantaran tertutup truk yang melintang di tengah dan jalan muatannya yang tumpah di medan jalan. (Baca juga: Kecelakaan Tunggal di Tol Solo-Ngawi, Wakil Ketua DPRD Pekalongan Tewas)
Persneling Patah, Truk Bermuatan Kayu Terguling di Bawen

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Muhammad Adiel Aristo menjelaskan, kronologi kecelakaan lalu lintas tunggal ini bermula ketika truk bermuatan kayu yang dikemudikan Supri (48) warga Dusun Pakel, Desa Bangunjaya, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung melaju dari arah Solo menuju Semarang. (Baca juga:Hantam Truk, Pengendara Motor Alami Luka Berat di Bagian Kepala)

Ketika melintasi jalan menanjak setelah persimpangan exit tol Bawen, tiba-tiba persneling truk patah sehingga pengemudi tidak bisa merubah memindahkan gigi persneling ke gigi rendah.

Akibatnya, truk tidak kuat menanjak dan akhirnya berjalan mundur. Pengemudi berusaha menghentikan laju truk, namun rem belakang tidak berfungsi dengan baik. "Rem belakang blong sehingga oleng ke belakang dan terguling ke kiri. Truk melintang dan muatan tumpah ke jalan," ucapnya. Beruntung pengemudi selamat dalam kecelakaan ini.

Petugas Satlantas pun langsung bergerak cepat dalam menangani kecelakaan tunggal yang agar tidak terjadi kemacetan. Arus lalu lintas terurai setelah dilakukan buka tutup jalan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)