Petugas Gabungan Blusukan Pasar, Tak Pakai Masker Diminta Ucapkan Pancasila

loading...
Petugas Gabungan Blusukan Pasar, Tak Pakai Masker Diminta Ucapkan Pancasila
Petugas gabungan melakukan razia masker di di Pasar 54 Amurang, Minahasa Selatan, Sabtu (17/10/2020) siang. FOTO : SINDOnews/Cahya Sumirat
MINAHASA SELATAN - Petugas gabungan terdiri dari Polres Minahasa Selatan, TNI, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan melakukan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan dengan cara ‘blusukan’ di Pasar 54 Amurang, Sabtu (17/10/2020) siang.

Operasi yustisi secara mobile tersebut dipimpin oleh Kasat Intelkam Polres Minahasa Selatan AKP Jose Trisko. “Didapati 12 warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di tempat umum,” ujarnya.(Baca juga : Konyol, Pemuda Ini Langsung Ketangkap Begitu Jual Motor Curian di Sosmed)

Lanjut AKP Jose Trisko, para pelanggar protokol kesehatan tersebut kemudian dijatuhi sanksi sosial. “Yakni, menyanyi lagu nasional, mengucapkan Pancasila, dan membuat surat pernyataan. Setelah itu diberi masker gratis,” jelasnya. (Baca juga : Jual Gadis Belia untuk Pemuas Seks, 3 Pemuda Dibekuk Polisi)

AKP Jose Trisko menerangkan, operasi yustisi ini dilakukan berdasarkan Peraturan Bupati Minahasa Selatan Nomor 37 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.



Dalam operasi ini juga dilakukan imbauan protokol kesehatan kepada masyarakat. “Demi mencegah penyebaran COVID-19, kami mengajak masyarakat mematuhi 3M. Yaitu, Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, Mencuci tangan pakai sabun, serta Menjaga jarak untuk mencegah kontak fisik,” pungkas AKP Jose Trisko.
(nun)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top