Cegah Penyebaran COVID-19, RPD Sumut Semprotkan Disinfektan di Lapas I Tanjung Gusta

Minggu, 11 Oktober 2020 - 17:24 WIB
loading...
Cegah Penyebaran COVID-19, RPD Sumut Semprotkan Disinfektan di Lapas I Tanjung Gusta
Tim RPD Sumut semprotkan disinfektan ke seluruh ruangan dan blok yang ada di Lapas I Tanjung Gusta Medan. Foto/Ist
A A A
MEDAN - Relawan Peduli Disinfektan (RPD) COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tanjung Gusta Medan, Sabtu (10/10/2020).

Hendra Blu, Koordinator Penyemprotan dari RPD Sumut mengatakan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak April, lalu. Timnya sudah melakukan penyemprotan di lebih dari 1.000 titik di Kota Medan, Binjai, dan Deliserdang.

"Dalam penyemprotan kali ini kami menggunakan tiga kompresor dan 10 spray. Dibagi menjadi tiga tim untuk menyemprot tiga blok di lapas," ungkapnya.

Hendra mengaku, Ketua Umum RPD, Musa Idhishah atau sering disapa Dodi Shah yang meminta timnya untuk melakukan penyemprotan di Lapas. "Ketua umum yang memberikan arahan kemari karena ada permintaan juga dari Lapas," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Naik Suryanta MKes, Dokter di Lapas I Tanjung Gusta Medan mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian tim medis lapas untuk melindungi warga binaan dari penularan virus korona yang tengah mewabah.

"Saya beberapa hari lalu menghubungi teman saya, akhirnya bertemulah dengan tim Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Sumut. Mereka melakukan penyemprotan di seluruh Lapas untuk mencegah penyebaran COVID-19 di dalam lapas," tuturnya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan mengingat COVID-19 bisa menular dari siapa saja, baik orang di dalam Lapas atau dari tamu yang berkunjung. (Baca juga: Kecewa Omnibus Low, Buruh di Medan Dukung Pasangan Akhyar-Salman)

Kepala Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan, Frans Elias Nico memberi apresiasi atas kegiatan penyemprotan. Penyemprotan sendiri dilakukan ke seluruh ruangan dan blok yang ada di Lapas. (Baca juga: Tim Paslon Akhyar-Salman dan Tim Paslon Bobby-Aulia Sepakat Desain Surat Suara)

Tim penyemprotan dibagi menjadi tiga untuk menjangkau tiga gedung utama. "Lapas memang rawan penyebaran COVID-19. Apalagi cuaca seperti ini, makanya kita jalankan protokol kesehatan ketat untuk warga binaan dan pegawai," terangnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)