20.029 Keluarga Miskin Kota Malang Terima BST Rp600 Ribu

Rabu, 06 Mei 2020 - 16:01 WIB
loading...
20.029 Keluarga Miskin Kota Malang Terima BST Rp600 Ribu
Warga yang terdampak langsung pandemi COVID-19 di Kota Malang, mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Senyum lepas Surtikanti mengembang di halaman Kantor Pos Malang. Wanita 59 tahun tersebut, dengan cepat memasukkan enam lembar uang kertas warna merah pecahan Rp100 ribu ke dalam saku celananya.

Wanita yang sehari-hari berjualan gorengan ini, menjadi bagian dari 245 kepala keluarga di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos).

Bantuan tersebut diberikan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang usahanya maupun penghasilannya terdampak langsung oleh pandemi COVID-19. Mereka selama ini belum menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), maupun Program Keluarga Harapan (PKH).

20.029 Keluarga Miskin Kota Malang Terima BST Rp600 Ribu


"Sekarang tetap jualan, tetapi sangat terbatas karena pembelinya sepi. Kalau dahulu sebelum ada Corona bisa dapat Rp300 ribu/hari. Sekarang tidak sampai Rp50 ribu/hari. Uangnya masih harus diputar lagi untuk belanja bahan baku," ujarnya.

Adanya bantuan tersebut, diakuinya sangat membantu memenuhi kebutuhan hariannya. Apalagi suaminya yang juga sudah berusia senja sudah sakit-sakitan serta tidak kerja sehingga tidak memiliki penghasilan.

Kegembiraan yang sama juga dirasakan oleh Heni (52). Warga Jalan Bareng Raya, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang ini sehari-hari berjualan kopi di tepi jalan raya, tetapi sekarang dia harus bejualan di rumah saja.

20.029 Keluarga Miskin Kota Malang Terima BST Rp600 Ribu


"Kalau jualan di tepi jalan raya penghasilannya masih bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sekarang jualan di rumah kondisinya sepi. Sehari bisa dapat uang Rp50 ribu sudah sangat bagus," ungkapnya.

Dia mendapatkan undangan dari kantor kelurahannya pada Rabu (6/5/2020) pagi, untuk menerima BST di Kantor Pos Malang. "Pastinya sangat senang bisa dapat tambahan untuk memenuhi kebutuhan harian," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)