Marinir Pastikan Patok Batas Indonesia-Malaysia Tak Bergeser

Senin, 05 Oktober 2020 - 14:14 WIB
loading...
Marinir Pastikan Patok Batas Indonesia-Malaysia Tak Bergeser
Prajurit Satgasmar Ambalat berfoto bersama patok batas saat patroli. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Prajurit Marinir TNI AL, yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXVI yang berada di bawah kendali operasi Guspurla Koarmada II, melaksanakan Patroli Patok Perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Aji Kuning, Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

(Baca juga: 75 Tahun TNI, Prajurit TNI Bebaskan Desa Dari Keterbelakangan )

Anggota Satgasmar Ambalat XXVI, Sertu Mar. Tutut mengatakan, patroli patok yang dilaksanakan secara rutin tersebut bertujuan mengecek secara langsung keberadaan patok . Hal itu untuk memastikan titik koordinat sudah sesuai dengan data serta tidak mengalami pergeseran atau perubahan.

"Sudah kami periksa secara langsung, dan melaporkan kepada satuan atas bahwa patok tersebut tidak bergeser dari titik koordinat. Patok juga dalam kondisi baik, ada 10 patok yang kami periksa secara langsung menggunakan alat GPS," terangnya melalui siaran pers.

Marinir Pastikan Patok Batas Indonesia-Malaysia Tak Bergeser


Terpisah, Komandan Guspurla Koarmada II, Laksma TNI Rahmad Eko Rahardjo mengatakan, selain memastikan posisi patok tidak bergeser, tim patroli juga bertugas mencegah tindak kejahatan yang kerap terjadi di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

(Baca juga: Ribuan Umat Islam Pematangsiantar Demo Salah Urus Jenazah )

"Langkah dan upaya yg dilaksanakan oleh pos-pos kami, selain untuk memastikan keamanan dan terlindunginya warga perbatasan , juga untuk mencegah tindak kejahatan serta kemungkinan penyelundupan barang illegal yang dikirimkan melalui jalur-jalur tikus," ujarnya.

Rahmad menambahkan, jika yang dilaksanakan oleh Satgasmar Ambalat XXVI sesuai dengan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, terkait eksistensi unsur-unsur Koarmada II dalam menjaga kedaulatan NKRI.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7052 seconds (0.1#10.140)