One Health, Sinergi Berbagai Pihak untuk Sulut Bebas Rabies

loading...
One Health, Sinergi Berbagai Pihak untuk Sulut Bebas Rabies
Kegiatan vaksinasi rabies gratis menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Rabies Se-Dunia. Foto/SINDOnews/Cahya Sumirat
MANADO - Memperingati Hari Rabies se-Dunia tahun 2020, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado, bersama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, serta Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sulut, melakukan vaksinasi gratis kepada ratusan hewan peliharaan di beberapa wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

(Baca juga: BNN, Polisi, dan TNI Temukan 6 Hektare Ladang Ganja di Madina)

Kegiatan vaksinasi rabies gratis ini, menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Rabies se-Dunia yang diperingati setiap 28 September. Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan mengatakan, kegiatan vaksinasi gratis merupakan kerjasama berbagai pihak.

Kerjasama berbagai pihak ini, menurutnya menunjukkan jika semua berkolaborasi untuk menangani penyakit rabies di Sulut. Kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memvaksinasi hewan peliharaannya ke dokter hewan.



"Jadi vaksinasi itu harus rutin dilakukan setahun sekali, kita harus menekan angka penularan rabies terutama dari hewan ke manusia. Karantina Pertanian Manado selalu memastikan HPR yang akan dilalulintaskan sudah dilakukan vaksinasi, dan secara hasil laboratorium titer antibodi protektif terhadap rabies di atas 0,5 IU/ml," tambahnya.

(Baca juga: Tengah Malam Jet-jet Tempur TNI AU Bombardir Lumajang)

Sementara itu, Ketua PDHI Cabang Sulut, Hanna O. Tioho menjelaskan, selain melakukan vaksinasi gratis kepada hewan peliharaan ada pula kegiatan kastrasi, serta sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya penyakit rabies melalui radio-radio di Kota Manado.



"Vaksin rabies yang disediakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, sebanyak 1.450 dosis, beserta spoid dan jarum suntik berdasarkan permohonan dari PDHI Cabang Sulut," ujar Hanna
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top